Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

“PASANGAN yang baik itu ya, seperti Ayah!”

Mungkin Ayah Bunda pernah mendengar kalimat itu keluar dari mulut anak perempuannya. Kalimat yang menunjukkan betapa sosok Ayah menjadi standar bagi mereka untuk mendapatkan pasangannya kelak.

Sebuah riset menunjukkan bahwa Ayah membuat dunia yang berbeda dalam kehidupan anak perempuan. Dan yang dimaksud bukan hanya ayah kandung atau ayah yang hadir secara fisik, tetapi sosok ayah yang secara emosional terlibat dan aktif dalam kehidupan putri mereka di setiap tahap perkembangannya.

Mengutip School of Parenting, keterlibatan Ayah dalam kehidupan anak perempuannya bisa dimulai dari:

  • Jadilah Ayah yang baik

Bagaimana Ayah memperlakukan seorang Bunda, akan dilihat oleh anak-anaknya, terutama anak perempuan. Ini akan menjadi tolak ukur, bagaimana nantinya ia memilih pria saat dewasa. Tapi, hal ini hanya bisa terjadi jika Ayah dekat dengan putrinya.

  • Memberikan dukungan

Jangan ragu untuk terus mendukung dan memberikan penghargaan kepada anak perempuan Ayah. Hargai kerja keras dan cita-citanya. Dengan begitu, anak perempuan Ayah akan tahu bahwa engkaulah sumber kekuatannya.

  • Hargai segala keunikannya

Bantu anak perempuan Ayah untuk menemukan keunikannya, terutama saat ia terpuruk karena tampilan fisiknya atau semua hal yang berkaitan dengan emosinya. Misalnya, jika anak perempuan Ayah memiliki rambut keriting, bangun kepercayaan dirinya bahwa rambutnya itu adalah sumber kecantikannya, jadi tidak perlu untuk mengubahnya.

  • Dengarkan dia

Baik itu segala keluh kesahnya, senangnya, dan meskipun cerita itu diungkapkan berkali-kali. Cara ini akan membuatnya merasa dimiliki dan diperhatikan.

Ayah, putri mu kelak akan tumbuh dewasa. Jadi, perlu untuk mendekatkan diri dengan anak perempuan Ayah sejak mereka kanak-kanak. Kedekatan ini memiliki banyak manfaat, salah satunya agar anak tidak mencari sosok ayah di tempat lain, karena ini akan menimbulkan risiko mereka mudah dimanfaatkan dengan cara yang keliru.

Yuk Ayah, bangun kedekatan tidak hanya dengan putrimu tetapi juga anak lelakimu. Hadirlah di setiap tumbuh kembang mereka. Dampingi mereka dalam menjalani susah senang kehidupannya. Buat mereka menjadi sosok yang penuh percaya diri.

Semua tergantung padamu, Ayah!




Jadilah Sahabat Terbaik Anak

Sebelumnya

Mengajarkan Adab kepada Anak Seperti Pesan Buya Hamka

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting