Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

NYERI dan gatal di tenggorokan menjadi salah satu gejala khas yang timbul saat seseorang terinfeksi Omicron. Nyeri dan gatal di tenggorokan ini memicu batuk yang sangat mengganggu aktivitas.

Selain mengonsumsi obat batuk dan pereda nyeri, ada beberapa cara efektif yang bisa dipakai untuk mengusir nyeri dan gatal pada tenggorokan tersebut. Ada yang menggunakan bahan-bahan herbal hingga obat medis.

1. Garam
Garam tidak hanya dipakai untuk menyembuhkan sakit gigi, tetapi juga membantu mengusir batuk berdahak. Garam ternyata juga efektif mencegah .

Cara menggunakannya, larutkan garam ke dalam segelas air, lalu gunakan untuk berkumur dan usahakan jangan sampai tertelan. Lakukan 2-3 kali sehari sampai gatal di tenggorokan hilang.

2. Madu
Khasiat madu sudah banyak orang tahu, salah satunya adalah membantu mengurangi iritasi dan gatal di tenggorokan.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengonsumsi satu sendok makan madu setiap harinya. Tapi ingat, harus madu asli, ya!

Jika Anda tidak bisa mengonsumsi madu secara langsung, bisa dicampurkan ke dalam teh hangat.

3. Campuran madu, lemon, dan jahe
Untuk membuat campuran madu, lemon dan jahe ini cukup mudah. Langkah pertama, larutkan satu sendok makan madu dengan setengah gelas air panas. Kemudian, berikan perasan lemon dan terakhir masukkan jahe. Aduk hingga merata dan minum selagi hangat. Lakukan berulang kali hingga gatal di tenggorokan berkurang.

4. Susu dan Kunyit
Kunyit dikenal karena khasiatnya yang banyak, salah satunya mengatasi batuk.

Cara mengonsumsinya, setiap malam buatlah rebusan susu dicampur kunyit. Minumlah selagi hangat dan lakukan hingga beberapa kali.

5. Cuka sari apel
Bahan pereda batuk dan gatal di tenggorokan yang satu ini memang agak sulit didapat. Harus dibeli di toko-toko khusus yang menjual obat-obatan herbal.

Cara mengonsumsinya sama seperti madu, yaitu larutkan 230 ml cuka sari apel ke dalam air atau teh.

6. Lada hitam dan madu
Pada hitam ternyata efektif loh untuk mengatasi batuk berdahak dan gatal di tenggorokan.

Cara mengonsumsinya, campurkan 1 sendok teh lada hitam dan 2 sendok makan madu di dalam gelas. Tuangkan air panas dan tutup hingga 15 menit agar tercampur sempurna. Setelah itu, saring dan minum selagi hangat.

7. Bawang putih
Bawang putih memiliki. Kandungan antibakteri, antivirus, dan antiperadangan. Bawa putih juga efektif mengusir dahak di tenggorokan.

Rebus beberapa siung bawang putih dan minum air rebusannya.

8. Teh kammomil
Bunga kammomil dipercaya untuk membantu mengurangi beberapa penyakit, salah satunya batuk berdahak. Mengkonsumsinya secara rutin setiap malam dapat membantu mengurangi pembengkakan pada lapisan lendir (mukosa). Kandungan flavanoid dan apigeninnya juga membantu membersihkan peradangan yang menyebabkan peningkatan lendir.

Rasa gatal di tenggorokan pun hilang dengan mengonsumsi teh kammomil. Sebab kandungan dalam teh kammomil memiliki sifat menenangkan.

9. Semprotan khusus tenggorokan
Semprotan khusus tenggorokan biasanya mengandung phenol (zat asam karbon) yang berkhasiat menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Semprotan ini bisa didapatkan di apotek dengan harga yang tidak terlalu mahal.

10. Permen pelega tenggorokan (lozenge)
Permen pelega tenggorokan ini cocok untuk kamu yang masih sibuk bekerja namun memiliki masalah pada tenggorokan yang gatal.

Kandungan menthol dalam permen pelega tenggorokan meredakan rasa gatal, meski hanya sementara. Menghisap permen membantu menghasilkan produksi air liur, sehingga tenggorokan menjadi lembab dan mengurangi keinginan untuk batuk.

11. Essential oil
Gunakan essential oil seperti aroma peppermint, bergamot, lavender, atau tea tree.

Bergamot essential oil, misalnya, memiliki bahan yang bertindak sebagai ekspektoran yang mampu melancarkan dahak dan lendir.

Begitu juga dengan lavender essential oil yang mengandung antipasmodik yang dapat meredakan batuk apapun. Cocok pula dipakai oleh anak-anak.




Yuk, Lindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

Sebelumnya

Mitos Micin Bikin Bodoh, Ahli: Tidak Ada Kaitannya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health