Ilustrasi vaksin Covid-19 pada anak/ Net
Ilustrasi vaksin Covid-19 pada anak/ Net
KOMENTAR

DALAM Instruksi Mendagri No 66/2021, Kementerian Dalam Negeri meminta pemerintah daerah untuk segera melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun. Dalam Instruksi tersebut, vaksinasi dimilai pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Namun Kementerian Kesehatan RI berencana memulai vaksinasi tersebut pada Selasa (14/12) dengan jumlah sasaran mencapai 26,8 juta. Begitu disampaikan Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu, Minggu (12/12), mengutip laman resmi Kemkes RI.

Menurut Maxi, keputusan tersebut diambil setelah Kemkes mendapat lampu hijau dari Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

"Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap hingga tahun depan. Dan kami berharap kick off ini sudah dilakukan oleh beberapa daerah terhadap anak usia 6-11 tahun," kata Maxi.

Pakai Vaksin Sinovac

Terkait vaksin yang digunakan, Maxi menjelaskan akan memakai Sinovac. Alasannya, vaksin buatan China itu sudah mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM. Rencananya disediakan 6,4 juta untuk Desember.

"Untuk Januari 2022 akan ada tambahan vaksin Sinovac dari Dirjen Falmakes. Jadi semua vaksin sudah datang dan tersedia, sehingga rencana vaksinasi tidak akan terputus," tegas dia.

Sama seperti vaksinasi sebelumnya, untuk anak vaksinasi juga dilakukan secara intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari.

Sebelumnya penyuntikan, harus dilakukan proses skrining dengan format standar oleh petugas vaksinasi.

Untuk lokasi pelaksanaan, bisa di puskesmas, rumah sakit, maupun di sentra vaksinasi lainnya, seperti sekolah atau satuan pendidikan lainnya, dan lembaga kesejahteraan sosial anak seperti panti asuhan.

Cakupan Wilayah Vaksinasi

Sampai saat ini, wilayah yang sudah memenuhi kriteria vaksinasi anak adalah Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

"Sebanyak 8.851.681 anak usia 6-11 tahun akan menjadi sasaran vaksinasi tahap pertama. Untuk total sasaran vaksinasi menvapai26,8 juta anak," demikian Maxi.

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News