Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MUSIM penghujan sudah datang. Salah satu penyakit yang paling sering datang adalah influenza.

Tapi di era pandemi seperti sekarang, gejala influenza seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat, perlu mendapat perhatian. Sebab gejalanya hampir mirip dengan penyakit Covid-19. Walau begitu, tetap ada perbedaannya. Flu disebabkan oleh virus influenza, sedangkan Covid-19 disebabkan oleh virus SARS Cov-2.

Umumnya, kemiripan gejala influenza dan Covid-19 ada pada demam, batuk, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, lemas, nyeri otot, dan nyeri kepala. Namun pada Covid-19 biasanya disertai dengan sesak napas, hilang rasa pengecapan dan penciuman, hingga muntah dan diare.

Memang jika dilihat dari gejalanya, flu merupakan bagian dari Covid-19. Tetapi jika flu belum tentu terinfeksi covid, ya.

Cara membedakannya adalah waktu dari gejala yang ditimbulkan. Saat terserang influenza, gejala berlangsung selama 1 sampai 4 hari. Sementara saat seseorang terinfeksi Covid-19, gejalanya lebih lama yaitu 2 sampai 14 hari.

Tes Swab Agar Lebih Valid

Biar tidak bingung apakah bersin-bersin dan gejala pendukung lainnya merupakan influenza atau Covid-19, memang ada baiknya melakukan tes.

Langkah yang sebaiknya dilakukan saat gejala flu melanda adalah:

1. Jauhkan diri dari anggota keluarga lainnya.
2. Gunakan masker meskipun berada di dalam rumah.
3. Lakukan tes Swab atau PCR untuk memastikan diagnosis.

Tes penting dilakukan sebagai langkah awal pencegahan. Jika hasilnya negatif, mungkin tidak mengapa. Tapi jika.positif, Anda bisa segera melakukan antisipasi seperti isolasi mandiri. Dan untuk menghindari kemungkinan munculnya gejala berat.

Tidak perlu takut untuk melakukan tes Covid-19, karena flu tidak menyebabkan hasil tes menjadi positif.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health