Kabar duka datang dari industri hiburan Tanah Air. Artis Rina Gunawan dikabarkan meninggal dunia, Selasa (2/3/2021)/ Foto: Instagram.
Kabar duka datang dari industri hiburan Tanah Air. Artis Rina Gunawan dikabarkan meninggal dunia, Selasa (2/3/2021)/ Foto: Instagram.
KOMENTAR

KABAR duka datang dari dunia hiburan Indonesia. Artis yang juga seorang pengusaha wedding organizer, Rina Gunawan meninggal dunia pada Selasa (02/03/2021) pukul 18.45 WIB di RS Pertamina Simprug, Jakarta Selatan.

Suami Rina, aktor Teddy Syach membenarkan kabar duka tersebut. Menurutnya, sang istri sudah dirawat di RS selama satu minggu akibat Covid-19 dan terakhir berada di ICU. Keluhan awal yang dirasakan adalah sesak napas. Rina diketahui mengidap asma.

Banyak juga warganet yang mengetahui berita duka ini dari laman Instagram Ashanty. Istri Anang itu mengunggah percakapan terakhirnya di whatsapp dengan Rina yang dipanggilnya Teteh itu. Ashanty adalah salah satu artis yang pernikahannya menggunakan jasa wedding organizer Rina Gunawan.

Keduanya saling support untuk kesembuhan masing-masing. Seperti diketahui, Ashanty baru saja diperbolehkan pulang ke rumah setelah dirawat di RS akibat Covid-19. Dengan penyakit autoimun yang ia punya, kondisi Ashanty sempat mengkhawatirkan.

Qadarullah, Rina yang sebelumnya menyemangati Ashanty dan sempat menyinggung kesiapannya mengurus pernikahan Aurel Hermansyah, justru dipanggil lebih dulu oleh Yang Maha Kuasa.

Rina Gunawan adalah salah satu artis dengan segudang kebisaan. Lahir di Bandung, 28 Juni 1974, pemilik nama lengkap Rina Mustikana Gumilang Gunawan ini terjun ke dunia hiburan sejak tahun 1995.

Suaranya merdu. Ia pernah belajar vokal di Swara Mahardika, Geronimo, dan Studio 26. Salah satu albumnya adalah Kasih. Beberapa video klip Rina masih bisa dinikmati di YouTube seperti lagu Semalam Kau Dimana dan Yudi.

Di layar kaca, ia pernah menjadi presenter program talkshow Campur Campur pada tahun 2002 – 2005. Sosoknya yang ceria, humoris, dan energik menjadikan program tersebut sangat hidup. Rina pun dikenal sebagai presenter muda yang gaul.

Tak hanya sebagai presenter, Rina juga sempat membintangi beberapa judul sinetron. Salah satunya berperan sebagai sahabat Sarah (diperankan Cornelia Agatha) dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Rina menikah dengan Teddy pada 11 April 1999. Menjelang 22 tahun pernikahan, rumah tangga keduanya tak pernah dihampiri gosip miring.

Keharmonisan Rina dan Teddy tetap terjaga meski keduanya sama-sama sibuk. Rina dengan bisnisnya sedangkan Teddy hingga kini masih aktif berakting di dunia sinetron. Keduanya kompak dalam mengasuh dua buah hati yang kini beranjak remaja, Aqshal Ilham Syafatullah dan Karnisya Rahmasyach.

Meski tak lagi tampil di dunia hiburan, Rina Gunawan masih rutin menjalin silaturahim dengan rekan sesama pekerja seni dalam Paguyuban GASS (Gabungan Artis Seniman Sunda). Di antara nama-nama terkenal lain yang tergabung dalam GASS adalah Rossa, Melly Goeslaw, Hedi Yunus, Armand Maulana, Dewi Gita, Ferry Maryadi, dan Amink.

Tak hanya kumpul-kumpul dan arisan, GASS juga aktif menghimpun donasi dan memberikan bantuan ke masyarakat yang terkena bencana alam maupun yang mengalami kesulitan ekonomi di masa pandemi. Untuk kegiatan amal, Rina biasanya menjadi koordinator pembagian bantuan.

Tak lagi menjadi presenter atau pemain sinetron, Rina sukses menjadi pengelola wedding organizer dan event organizer Rina Gunawan. Mayoritas kliennya adalah artis papan atas, pengusaha, dan pejabat.

Ia dikenal sangat cermat, bertanggung jawab, dan menjamin kualitas vendor yang terlibat dalam organizer-nya. Selain Ashanty, ada pula nama Bunga Citra Lestari yang memercayakan pernikahannya pada November 2008 kepada Rina.

Tak hanya mengawasi dengan teliti dan memastikan semua urusan teknis, Rina juga kerap menjadi 'konsultan pernikahan' yang menengahi beberapa perbedaan pendapat yang kerap muncul saat persiapan akad nikah dan resepsi.

Menurut Rina, adalah wajar bila ada hal-hal yang belum sejalan saat dua keluarga akan menjadi satu. Rina mengaku bahwa ia memang senang mengurusi orang lain dan memastikan orang tersebut mendapatkan yang terbaik.

Rina sebenarnya telah merintis bisnis sejak tahun 1992 namun tak berjalan maksimal karena disibukkan dengan karirnya di dunia hiburan. Di tahun 2001, barulah ia fokus mengurus dan mengembangkan bisnisnya. Buah dari kerja kerasnya terlihat nyata. Rina Gunawan menjadi salah satu wedding organizer papan atas di Tanah Air.

Memasuki pandemi Covid-19, wedding organizer Rina Gunawan terkena dampak signifikan. Banyak pernikahan yang ditunda. Dan kalau pun dilaksanakan, tetap harus memerhatikan protokol kesehatan dengan ketat. Ada pembatasan jumlah tamu untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Saat kesibukannya berkurang dan kampanye stay at home digalakkan pemerintah, pola makan Rina menjadi tak terjaga. Tanpa terasa, sekitar Juni 2020, Rina mengaku tubuhnya sempat mencapai berat lebih dari 100kg. Ia mulai merasa sering sesak dan terengah-engah saat berjalan. Ia bahkan kesulitan untuk mengerjakan salat. Rina kemudian bertekad memulai gaya hidup sehat.

Ia pun menjalani diet ketat. Fokus dietnya adalah 100% pola pikir, 80% pola makan, dan 20% olahraga. Hasilnya, berat badan Rina turun 30 kg dalam waktu 6 bulan.

Karena banyak orang bertanya tentang rahasia penurunan berat badannya, ia pun membuka kelas online untuk mereka yang tertarik dengan resep hidup sehatnya. Rina juga membuat akun @sehatbarengtehrina yang banyak membagikan tips sehat ala Rina Gunawan. Di antaranya tentang tips menimbang tubuh, camilan enak dan sehat, juga tips makan sehat di restoran.

Dalam menyebarkan gaya hidup sehatnya, Rina juga sempat berkolaborasi dengan sang kakak ipar, Atalarik Syach. Ia dan Arik mengadakan Weight Loss Challenge dalam kelas diet online.

Di Instagram, baru-baru ini Rina mengunggah momen liburan keluarga bersama Teddy dan kedua buah hati mereka di Bali pada Desember 2020. Mereka tampak sangat menikmati kebersamaan di akhir tahun itu. Satu yang menarik perhatian adalah sebuah video ia dan Teddy berjalan sambil bergandengan tangan di pantai saat matahari terbenam.




Tujuh Rekomendasi Drama Korea di Bulan Ini: Dari Genre Komedi hingga Supernatural

Sebelumnya

Film Dokumenter “Harta Tahta Raisa” Siap Tayang 6 Juni 2024: Kisah Komitmen dan Kerja Keras Raisa Andriana yang Menginspirasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment