Salah satu sosialisasi aturan jaga jarak di tengah pandemi Covid-19 di Korea Selatan/Net
Salah satu sosialisasi aturan jaga jarak di tengah pandemi Covid-19 di Korea Selatan/Net
KOMENTAR

KOREA SELATAN bersiap untuk menghadirkan jutaan dosis vaksin Covid-19 bagi warga negaranya.

Baru-baru ini, pemerintah Korea Selatan menandatangani kesepakatan dengan Pfizer Inc dan Johnson & Johnson's Janssen untuk mengimpor vaksin Covid-19 untuk mencakup hingga 16 juta orang.

Langkah ini diambil saat negeri ginseng tengah bergelut dengan gelombang ketiga pandemi Covid-19.

Di tengah situasi tersebut, muncul tekanan publik yang meluas untuk pengadaan vaksin Covid-19. Hal itulah yang melandasi pemerintah Korea Selatan semakin bergerak cepat untuk menghadirkan vaksin.

Vaksin dua dosis Pfizer, yang dikembangkan dengan mitra Jerman BioNTech, akan cukup untuk mencakup 10 juta orang dan pengirimannya diharapkan pada kuartal ketiga tahun 2021 mendatang.

"Kami memobilisasi seluruh kemampuan nasional untuk membawa pengiriman dalam kuartal kedua," kata Perdana Menteri Korea Selatan Chung Sye-kyun dalam sebuah briefing yang disiarkan televisi pada Kamis (24/12), seperti dikabarkan Reuters.

Chung mengatakan, dosis dari Janssen, divisi farmasi J&J, juga akan ditambahkan dari jumlah awal untuk 4 juta orang menjadi 6 juta dan akan siap untuk inokulasi mulai kuartal kedua tahun depan.

Kesepakatan Pfizer dan Janssen adalah bagian dari rencana pemerintah Korea Selatan untuk membeli dosis yang cukup dari empat pembuat obat dan inisiatif COVAX global, yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Inisiatif ini akan memungkinkan imunisasi setidaknya 85 persen dari populasi Korea Selatan yang berjumlah 52 juta jiwa.

Pemerintah Korea Selatan sendiri sebelumnya telah menandatangani kesepakatan dengan AstraZeneca Plc untuk pengadaan vaksin Covid-19 yang akan dikirimkan paling cepat Januari tahun depan.

Bukan hanya itu, Korea Selatan juga sedang dalam pembicaraan terakhir dengan Moderna Inc untuk menandatangani kesepakatan pada Januari untuk mengamankan 20 juta dosis vaksin Covid-19.

Seorang pejabat senior di Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) Yang Dong-gyo, mengatakan bahwa otoritas kesehatan Korea Selatan akan memulai program vaksinasi publik paling cepat Februari tahun depan.

Pemerintah Korea Selatan juga telah mengalokasikan tambahan dana hingga 1,3 triliun won untuk anggaran tahun depan untuk vaksin.




Apa Itu Penyakit Kulit Rosacea?

Sebelumnya

Waspadai Dampak Negatif Sinar Matahari pada Kesehatan Bibir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health