KOMENTAR

BULAN Oktober dikenal sebagai Breast Cancer Awareness Month.

Mulai tanggal 1 hingga 31 Oktober, berbagai kampanye tentang kanker payudara digelar selama satu bulan penuh.

Berdasar data The Global Cancer Observatory, kanker payudara menjadi salah satu kanker yang paling banyak diderita perempuan di banyak negara. Di Indonesia, tercatat 58.286 kasus baru kanker payudara pada tahun 2018.

Meskipun laki-laki juga dapat menderita penyakit kanker payudara, tapi jumlahnya terbilang sangat kecil. Perbandingan kanker payudara pada laki-laki hanya 1 (satu) persen dari total kasus kanker payudara.

Berikut ini 5 (lima) fakta seputar Breast Cancer Awareness Month yang Farah.id himpun dari berbagai sumber.

AKTIVITAS KAMPANYE
Kampanye Breast Cancer Awareness Month dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan tentang penyakit kanker payudara sekaligus menggalang dana untuk riset, pencegahan, dan pengobatannya. Saat ini sudah banyak organisasi-organisasi pemerintah dan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam kampanye ini.

TUJUAN TERPENTING KAMPANYE
Lembaga amal dan organisasi kesehatan yang menggelar kampanye tidak semata bertujuan mengurangi angka kasus kanker payudara.

Yang menjadi tujuan terpenting dalam Breast Cancer Awareness Month justru mengirim pesan bahwa deteksi dini adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

Selama ini pemeriksaan mammografi menjadi cara deteksi yang paling efektif. Meski demikian, metode SADARI (periksa payudara sendiri) juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan.

PITA PINK
Pita berwarna merah muda telah digunakan sebagai simbol kesadaran terhadap kanker sejak era 1990-an. Ketika kita melihat ada perempuan yang memakai pita pink, mereka adalah para penyintas kanker payudara atau orang-orang yang hidupnya dipengaruhi penyakit tersebut. Misalnya saja keluarga dan sahabat.

Orang-orang juga mengenakan pita pink untuk menunjukkan terhadap para penderita kanker payudara. Dalam hal ini, para laki-laki juga dapat bersolidaritas dan bersimpati dengan berpartisipasi dalam Breast Cancer Awareness Month.

PINK DI MANA-MANA
Saat ini warna pink memang identik dengan awareness terhadap kanker payudara, tidak hanya dalam bentuk pita.

Banyak gedung di berbagai negara juga 'diwarnai' pink dalam rangka memperingati Breast Cancer Awareness Month. Di Asia tenggara, KL Tower dan Twin Towers di Kuala Lumpur, Singapore Flyer di Singapura, Quezon Memorial Circle di Manila, dan Monumen Pahlawan di kota Surabaya meriah dengan lampu-lampu maupun dekorasi bernuanasa pink.

Kampanye Breast Cancer Awareness Month dengan warna pink juga menghiasi gedung-gedung terkenal lain seperti Sydney Opera House, The Tower of London, serta Empire State Building, New York.

DARI PEREMPUAN UNTUK PEREMPUAN
Perempuan dapat mendukung sesama perempuan dengan melakukan beberapa hal seperti ditulis National Breast Cancer Foundation yaitu berdonasi untuk membantu biaya penderita melakukan screening dan treatment, saling mengedukasi, menjadi relawan untuk mengkampanyekan Breast Cancer Awareness Month, dan saling berbagi kisah inspiratif seputar pengalaman pribadi maupun orang-orang terdekat yang berjuang melawan kanker payudara.
 

 




8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Sebelumnya

Benarkah Puasa Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut pada Perempuan Berhijab?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health