Sejumlah orang mengenakan masker saat menunggu di perlintasan zebra di pusat kota Seoul, Korea Selatan/Reuters
Sejumlah orang mengenakan masker saat menunggu di perlintasan zebra di pusat kota Seoul, Korea Selatan/Reuters
KOMENTAR

PENELITIAN terbaru yang dilakukan di Korea Selatan menemukan bahwa ada efek samping yang dirasakan oleh pasien Covid-19 yang berhasil sembuh.

Studi pendahuluan yang dilakukan oleh Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) menemukan bahwa 9 dari 10 pasien Covid-19 dilaporkan mengalami efek samping seperti kelelahan, efek samping psikologis dan kehilangan penciuman dan rasa setelah mereka pulih dari penyakit tersebut.

Fakta itu ditemukan dalam survei online yang dilakukan oleh KDCA terhadap 965 pasien Covid-19 yang pulih. Hasilnya, 879 orang atau 91,1 persen dari responden menjawab bahwa mereka menderita setidaknya satu efek samping dari penyakit tersebut.

Pejabat KDCA, Kwon Jun-wook dalam sebuah pengarahan awal pekan ini mengatakan bahwa kelelahan adalah efek samping yang paling umum terjadi pada penyintas Covid-19, diikuti dengan kesulitan membaca (26,2 persen) dan kesulitan konsentrasi (24,6 persen).

Efek samping lainnya yang juga dirasakan sebagian penyintas Covid-19 adalah efek samping psikologis atau mental dan hilangnya rasa atau bau.

Kwon, seperti dikabarkan Channel News Asia, menjelaskan bahwa dalam studi tersebut, Profesor penyakit dalam di Sekolah Kedokteran Universitas Nasional Kyungpook di Daegu, Kim Shin-woo ikut terlibat. Dia meminta komentar dari 5.762 pasien yang pulih di Korea Selatan dan 16,7 persen dari mereka berpartisipasi dalam survei tersebut.

Sementara penelitian dilakukan secara online untuk saat ini, peneliti utama Kim akan segera mempublikasikan penelitian tersebut dengan analisis rinci.

Di sisi lain, Korea Selatan juga melakukan studi terpisah dengan 16 organisasi medis tentang potensi komplikasi penyakit melalui analisis rinci yang melibatkan CT scan pada pasien yang pulih tahun depan.




Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Sebelumnya

5 Alternatif Minyak Goreng untuk Diet Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health