Ledakan Beirut memperparah kondisi negara Lebanon/ Net
Ledakan Beirut memperparah kondisi negara Lebanon/ Net
KOMENTAR

DARI sebuah jendela pesawat yang akan mengantarkannya ke Dubai, Ali Hammoud seorang warga Beirut menatap kosong ke arah reruntuhan yang telah menelan semua mimpinya di kota itu.

Lahir dan dibesarkan di ibu kota Lebanon, insinyur IT berusia 30 tahun itu akhirnya memutuskan untuk pergi ke Dubai setelah ledakan menghancurkan harapan terakhirnya untuk melihat Beirut makmur, meninggalkan keluarga besarnya.

"Ini tidak mudah sama sekali, tetapi saya akhirnya harus pergi. Saya merasa telah mengkhianati kota yang saya cintai sampai mati, tetapi tidak ada yang tersisa bagi saya di sana kecuali depresi," kata Hammoud seperti dikutip dari AFP, Rabu (12/8).
 
"Sekarang saya bisa memulai karir profesional, hidup dalam damai dan mengirim uang kembali ke keluarga saya," kata Hammoud yang telah menghabiskan waktu selama setahun mencari pekerjaan dengan sia-sia sebelum bencana 4 Agustus itu menewaskan lebih dari 170 orang dan memperparah krisis keuangan Lebanon.

Seperti banyak rekan senegaranya yang mendambakan keamanan dan stabilitas, pemuda itu telah melamar pekerjaan di Dubai.

Dia bergabung dengan puluhan ribu orang Lebanon yang membantu membangun kota mewah yang mengingatkan mereka pada kisah yang diceritakan orangtua mereka tentang glamornya Beirut lama, dengan gedung pencakar langit yang berkilauan, bukan vila era Ottoman dan vila kolonial Prancis.

Ledakan stok amonium nitrat yang telah lama terabaikan di pelabuhan Beirut minggu lalu mengoyak kota pesisir yang ramai yang terkenal dengan sejarahnya yang kaya serta kehidupan malam dan masakan yang legendaris.

Fakta bahwa para pejabat Lebanon telah lama melakukan pembiaran terhadap bom waktu yang berdetak di jantung kota Mediterania itu telah menjadi bukti bagi banyak pembusukan di inti aparatur negara.

"Tujuan saya sekarang adalah bagaimana saya bisa dengan cepat mengatasi rasa bersalah karena kepergian ini. Dubai akan menjadi Beirut baru bagi saya."

Jauh sebelum ledakan, Lebanon memang sudah dalam keadaan menderita dan kemerosotan luar biasa dalam sejarah perjalanannya.

Negara ini terperosok dalam krisis ekonomi terburuk sejak perang saudara 1975-1990, dengan inflasi yang tak terkendali dan kontrol modal bank yang memicu kemiskinan, keputusasaan, dan aksi unjuk rasa yang kerap terjadi.

Kehidupan politik di negara multi-pengakuan itu telah didominasi selama tiga dekade oleh mantan panglima perang yang menukar seragam militer mereka dengan jas.

Di antara Muslim Sunni, Kristen, dan berbagai kelompok lainnya, kekuatan yang paling kuat adalah gerakan Syiah Hizbullah.

Setelah bertahun-tahun korupsi sistematis, kasus pembunuhan yang tidak terpecahkan, perang dengan negara tetangga Israel, dan kurangnya layanan dasar, banyak orang Lebanon menyaksikan elit negara itu memperebutkan harta rampasan.

Mereka dipandang lebih terikat pada kepentingan pribadi dan sektarian mereka, daripada kepentingan enam juta rakyat Lebanon.

"Aku tidak bisa menjelaskan betapa frustrasinya saya. Aku harus meninggalkan negaraku bertahun-tahun yang lalu karena para panglima perang itu. Mereka mencuri dari kita dan sekarang mereka membunuh kita?" kata Firas Rachid, seorang salesman berusia 31 tahun yang telah tinggal di Dubai sejak 2016.

Beirut, yang dulu terkenal dengan pendidikan dan kesehatan terbaik, telah kehilangan banyak identitas sebelum perang sipil, reputasinya sebagai oasis pencerahan dan untuk "joie de vivre".

Jutaan orang Lebanon, dari dokter hingga insinyur, hingga guru dan profesi lainnya, telah beremigrasi selama bertahun-tahun, mencari kehidupan yang lebih baik di Teluk dan sekitarnya.

Sekitar 350.000 orang Lebanon sekarang tinggal dan bekerja di enam negara Teluk, lebih dari 100.000 di antaranya di Uni Emirat Arab, kebanyakan di Dubai.

"Mengapa Dubai? Kami berkendara di jalur di sini, kami tidak takut milisi memegang senjata di kepala kami, kami memiliki layanan dasar, dan kami dibayar dengan baik," kata Rachid.

"Orang tua saya selalu menggambarkan Beirut sebagai pusat wilayah di tahun 60-an dan 70-an, tapi inilah Dubai yang sekarang."

Dalam bukunya "My Story", penguasa Dubai Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum mengenang kunjungan pertamanya ke Beirut, bertahun-tahun sebelum perang saudara yang membuat "Paris di Timur Tengah" bertekuk lutut.

"Pada awal 1960-an, jalanannya bersih, lingkungannya indah, pasarnya modern. Itu adalah sumber inspirasi bagi saya. Saya bermimpi agar Dubai menjadi seperti Beirut suatu hari nanti," tulisnya kala itu.

Beberapa dekade kemudian, Dubai telah menjadi magnet bagi jutaan orang Arab yang negaranya dilanda kemiskinan dan konflik.

Orang Yordania, Palestina, Maroko, dan lainnya memilih untuk membangun masa depan mereka di kota gurun tersebut.




Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Sebelumnya

Kowani Desak Israel Hentikan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak-Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News