Lukisan ‘Rising Angels’ karya Fatima Dia/ Net
Lukisan ‘Rising Angels’ karya Fatima Dia/ Net
KOMENTAR

SENIMAN wanita asal Lebanon ini tidak bisa melupakan peristiwa ledakan dahsyat yang menimpa kota tercintanya. Kesedihan itu teramat dalam, yang membuatnya mengabadikan segala yang terlihat lewat lukisannya yang kemudian menjadi viral.

Lukisan ‘Rising Angels’ atau 'Malaikat yang Bangkit' mengisahkan bagaimana duka Lebanon, khususnya warga Beirut, di tengah derita berkepanjangan karena perang saudaram krisis ekonomi, lalu Covid-19, kemudian masih harus ditambah dengan ledakan dahsyat yang telah menewaskan lebih dari 160 orang, ribuan luka-luka, dan ratusan bangunan hancur.

Fatima berencana melelang lukisan itu, dan bertekad akan menyumbangkan 100 persen hasil penjualannya kepada orang-orang yang kehilangan rumah dan terkena dampak ledakan.

Dalam sebuah posting yang dibagikan di Instagram, dengan caption video dari proses saat menggambar, Fatima mengatakan bahwa awalnya ia membuat lukisan itu sebagai cara untuk mengekspresikan perasaannya.

“Tapi sekarang Anda menyukainya dan itu mulai menjadi viral. Saya memutuskan untuk menjualnya dalam pelelangan dan menyumbangkan 100 persen jumlahnya (tidak peduli berapa jumlahnya pada akhirnya) kepada orang-orang yang kehilangan rumah dan terkena dampaknya oleh tragedi ini,” katanya kepada 13.800 pengikutnya, seperti dikutip dari Arab News, Senin (10/8).

“Semuanya akan disiarkan langsung di halaman saya untuk menjamin transparansi,” tambah seniman cantik itu.

Saat berbicara kepada Arab News, Dia mengatakan bahwa selain menggambarkan krisis, lukisan akrilik karyanya itu juga menunjukkan bagaimana ibu kota yang dulu terlihat lincah dan ceria.

“Ketika ledakan pertama kali terjadi, saya terkejut sama seperti orang lain. Kami tidak tahu seberapa parah krisis itu sampai setelah dua hari. Jadi, saya merasa perlu untuk mengungkapkan perasaan saya karena saya sangat kesal,” ucapnya.

“Hal pertama yang saya pikirkan adalah bagaimana penampilan Beirut sebelumnya. Jika Anda perhatikan bangunannya semuanya dalam warna-warna ceria seperti kuning, merah, dan biru. Bahkan warna langit dan laut, semuanya menunjukkan betapa indahnya Beirut dan apa jadinya,” tambahnya.

Keluarga Dia terkena dampak ledakan. Kakaknya, katanya, bekerja di dekat area pelabuhan dan terluka. Tapi untungnya situasi mereka jauh lebih baik daripada ribuan orang yang kehilangan tempat tinggal.

“Hal yang paling memilukan tentu saja adalah orang-orang yang kehilangan nyawanya. Jadi saya mencoba untuk mewakili orang yang meninggal sebagai malaikat yang Anda lihat di lukisan. Putih tentunya melambangkan kesucian,” terangnya.

Dia mengatakan karyanya membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk dibuat; dua hari untuk menggambar dan satu lagi untuk mengedit video yang menggambarkan proses tersebut.

Berbicara tentang lelang, dia mengatakan dia tidak mengharapkan kesuksesan seperti itu.

“Saat pertama kali menggambar lukisan itu, saya tidak menyangka akan viral sama sekali. Jika saya tahu, saya akan menggambarnya lebih besar, ”katanya. “Saya bahkan tidak berharap ada orang yang akan membelinya, karena seniman terbiasa dengan kreasi mereka dan mereka berhenti melihat apa yang dilihat orang lain dalam karya mereka.”

Dia juga memberi penghormatan kepada saudara perempuannya Roxana Dia -yang tinggal di Prancis- dengan mengatakan bahwa sumbangan itu adalah idenya.

“Dia bersikeras bahwa kami harus melakukan sesuatu tentang lukisan itu. Dia mengatakan kepada saya 'gambarnya menjadi viral, Anda harus menggunakannya untuk kebaikan Anda dan melakukan sesuatu untuk membantu orang-orang,” katanya.

Batas waktu lelang adalah 30 Agustus 2020 pada tengah malam waktu Arab, tetapi Dia mengatakan jika harganya sudah mencapai angka tertinggi dan jumlahnya cukup baik, ia akan menempatkan batas atas harga, yang berarti lelang dapat berakhir sebelum 30 Agustus. Sejauh ini, harga jual lukisan itu telah mencapai 15.000 dolar AS.

Seniman di seluruh dunia, termasuk penyanyi Kanada-Lebanon Massari dan musisi yang berbasis di UEA Angi Shaya, telah mendukung karya seni Dia dan inisiatifnya yang sederhana.

 




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women