Masjid Bato yang hancur selama penumpasan teroris di Filipina/ Net
Masjid Bato yang hancur selama penumpasan teroris di Filipina/ Net
KOMENTAR

TIGA tahun setelah teroris pro Daesh (ISIS) mengepung kota Marawi, pemerintah Filipina siap membangun kembali 31 masjid yang hancur di daerah itu.

Para pejabat terkait mengatakan masjid-masjid yang akan dibangun kembali itu dihancurkan selama operasi tempur intens oleh militer untuk mengusir anggota kelompok Maute yang melakukan pengepungan.

"Ini adalah perkembangan yang disambut baik, pendirian masjid yang hancur di dalam area yang paling terkena dampak (MAA) atau ground zero, karena ini sangat penting bagi kami,” kata Majul Gandamra, walikota Kota Marawi, yang merupakan bagian dari Lanao Del Provinsi Sur di Filipina selatan, seperti dikutip dari Arab News, Sabtu (25/7).

Dia menambahkan bahwa pembangunan kembali masjid-masjid itu sangat diperlukan dan tidak boleh  diabaikan selagi pemerintah tengah membangun kembali kota selatan yang sempat dilanda perang. Diperkirakan pembangunan kembali itu akan menelan biaya sekitar 105 juta peso Filipina atau setara dengan 2,1 juta dolar AS

Ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan baru-baru ini oleh Sekretaris Pemukiman dan Pembangunan Perkotaan Eduardo del Rosario untuk memeriksa pekerjaan rehabilitasi di dalam MAA. Del Rosario mengatakan bahwa perintah untuk membangun kembali masjid didasarkan pada arahan Presiden Rodrigo Duterte.

“Itu adalah arahan dari Presiden Rodrigo Duterte dan itu akan dilakukan,” kata Del Rosario, yang bertemu dengan klan Kota Marawi yang bertugas sebagai administrator Masjid Dansalan Bato Ali dan Masjid Agung atau Islamic Centre dua masjid terbesar di kota itu.

Del Rosario mengatakan enam dari 31 masjid, termasuk Masjid Bato yang ikonik dan Masjid Agung, akan menjadi prioritas utama perbaikan.

“Selama pertemuan bulan Maret kami dengan presiden, ia menyebutkan bahwa kami mengutamakan pembangunan masjid yang terkena dampak. Saya senang mengumumkan bahwa kami mendapat sumbangan pribadi untuk ini, ”kata Del Rosario.

Sementara itu Walikota Gandamra mengatakan bahwa ia yakin pemerintah dapat memenuhi komitmennya meskipun kesulitan dalam membiayai proyek karena hukum Filipina melarang pencairan dana publik untuk pembentukan struktur keagamaan.

“Jadi kami melibatkan sektor swasta seperti dalam kasus Masjid Bato dan Masjid Agung, yang telah disetujui beberapa perusahaan swasta untuk membantu mendukung pembangunan masjid-masjid besar ini di ground zero. Jadi kami sangat senang dengan perkembangan ini, ”katanya.

Gandamra menekankan bahwa pembangunan kembali masjid-masjid adalah hal besar bagi masyarakat Marawi karena penghancuran situs-situs keagamaan telah sangat berdampak pada mereka.

“Masjid-masjid sangat penting bagi kami karena ini adalah tempat ibadah kami dan tentu saja itu dalam struktur yang signifikan di mana orang-orang Muslim diajarkan cara hidup. Jadi sangat penting bagi kami bahwa bangunan ini sudah ada di sana sebelum kami kembali ke rumah kami begitu kami diizinkan untuk kembali, ”katanya. Sangat disayangkan bahwa unsur-unsur radikal telah menggunakan tempat-tempat ini selama pengepungan untuk menggambarkan narasi yang salah tentang Islam, ungkapnya.

Pengepungan Marawi, diluncurkan oleh kelompok pro-Daesh Maute, dimulai pada 23 Mei 2017 dan berlangsung hingga Oktober tahun itu. Lebih dari 1.000 militan, pasukan pemerintah dan warga sipil yang terbunuh, sementara kota yang dulunya ramai itu rata dengan tanah, menggusur lebih dari 100 ribu penduduk.

“Kami berharap dengan dukungan pemerintah dan mitra swasta kami, masjid-masjid kami akan bangkit kembali, dan mungkin dalam keadaan yang jauh lebih baik daripada sebelum pengepungan. Rekonstruksi masjid melambangkan harapan untuk semua Maranaos," katanya.

“Bagaimanapun, kita harus terus maju, dan kita akan bekerja bahu membahu dengan pemerintah dan mitra lain untuk membangun kembali Marawi.”

Sementara itu, Sultan Nasser Sampaco dari Liga Kesultanan Filipina, mengucapkan terima kasih kepada Duterte, Del Rosario dan Gandamra karena menjadikan pembangunan kembali Masjid Bato sebagai prioritas di antara masjid-masjid lain di daerah tersebut. Dia mengatakan bahwa struktur itu adalah simbol Kesultanan Dansalan dengan tiga sultan dan dua datu (kepala) yang menjadi penjaga dan pengelolanya.

Dibangun pada 1950-an, Masjid Bato adalah salah satu tempat ibadah tertua dan paling terkenal bagi umat Islam, tidak hanya di Mindanao tetapi juga di seluruh negeri.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News