Amerika mulai mewajibkan penggunaan masker/ Net
Amerika mulai mewajibkan penggunaan masker/ Net
KOMENTAR

OTORITAS kesehatan Amerika menekankan peraturan penggunaan masker atau penutup wajah saat berada di keramaian, baik di ruang terbuka maupun di ruang tertutup seperti gedung pertemuan. Hal ini untuk membantu menahan penyebaran virus corona.

Tetapi, apakah drive-thru juga termasuk?

Ya, menurut Departemen Kesehatan AS. Hal senada juga dikatakan oleh Pusat Kesehatan dan Sistem Kesehatan pada Universitas. Mengingat kedekatan antara jendela drive-thru dan mobil pelanggan, maka aturan itu mestinya juga diberlakukan.

"Jika Anda cukup dekat saat saya memberikan pesanan Anda, Anda harus mengenakan masker," kata seorang barista Starbucks di Contra Costa County, California, dikutip dari NBC.

Barista itu mengatakan peringatan aturan itu digantung pada papan pengumuman di kedai kopi. "Perusahaan tidak akan menegakkan persyaratan masker pada layanan drive-through kecuali diamanatkan secara lokal."

Seorang juru bicara Starbucks mengkonfirmasi kebijakan itu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengumumkan pada bulan April lalu bahwa semua warga harus mengenakan masker di depan umum sebagai cara untuk memperlambat penularan virus corona.

CDC pada awalnya memperingatkan bahwa penutup wajah tidak diharuskan, tetapi kemudian mereka meralatnya dan merekomendasikan penggunaan masker setelah penelitian baru mengungkapkan bagaimana virus itu menyebar.

Beberapa negara bagian di AS juga telah merekomendasikan aturan penggunaan masker mulai Mei dan Juni lalu, sejak hot spot Covid-19 kembali muncul di banyak daerah di Tenggara dan pantai barat. Sekaligus mengundang perdebatan kapan dan di mana masker harus digunakan.

Menurut CDC, masker dipakai di tempat umum dan ketika di sekitar orang yang tidak tinggal serumah. Apalagi saat berada di keramaian, baik di ruang terbuka maupun ruang tertutup.

CDC juga merekomendasikan penggunaan masker pada layanan drive-thru, dan  layanan makanan untuk membatasi kontak orang-ke-orang dan meminimalkan risiko.

"Mengemudi sendirian di mobil adalah  situasi risiko yang cukup rendah," tulis Dr. Aaron Hamilton dalam sebuah posting blog untuk Klinik Cleveland, sebuah pusat medis yang berbasis di Ohio. Tetapi layanan drive-thru dan pickup tepi jalan memerlukan interaksi manusia, yang berarti masker harus digunakan, katanya.

Perusahaan manajemen kesehatan, Horizon Health, mengklasifikasikan bahwa mengambil makanan dari layanan drive thru atau pickup pinggir jalan, sebagai pengaturan publik yang termasuk dalam rekomendasi aturan penggunaan masker  CDC.

Departemen Kesehatan Masyarakat Illinois secara khusus menyebutkan, "Tidak mengenakan topeng adalah kesalahan layanan drive-thru terbesar yang Anda lakukan selama pandemik. "

"Sama seperti Anda akan mengenakan masker di tempat lain di depan umum, Anda juga harus mengenakan masker saat layanan drive-thru," katanya.

 

 




Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Sebelumnya

BMKG: Hujan Intensitas Ringan Hingga Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Sepanjang Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News