KOMENTAR

BANDUNG, Jawa Barat terpilih sebagai lokasi ujicoba penyuntikan vaksin Covid-19  asal China. Disebutkan ada enam lokasi yang dipilih untuk melakukan ujicoba ini.

Ketua Tim Riset Uji klinis Kuswandi Rusmil, menyebutkan, enam lokasi itu adalah Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjajaran, Kampus Unpad Bandung, dan empat puskesmas di Kota Bandung.

"Calon vaksin Covid-19 yang akan diuji klinis pada tahap ketiga ini adalah CoronaVac buatan Sinovech Biotech di China. Mereka bekerja sama dengan PT Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran," ungkap Kuswandi.

Vaksin yang akan diujicoba ini kabarnya sudah masuk ke Indonesia pada Minggu (19/7). Dan Kementerian Luar Negeri sudah menyerahkannya kepada PT Bio Farma. "Vaksin SinoVac benar tiba hari ini," begitu bunyi pesan singkat yang dikirim Plt Jubir Kemenlu teuku Faizasyah, lewat pesan singkatnya, Minggu (19/7).

Dan berita ini sudah dibenarkan pihak Bio Farma, Senin (20/7).

"Dan untuk selanjutnya tengah menunggu persetujuan dari Komite Etik Penelitian Universitas Padjajaran. Setelah oke, kami akan jalan. Setiap relawan (1.620 orang) nantinya akan divaksin sebanyak dua kali secara bertahap. Relawan juga akan dipilih secara ketat dengan sejumlah syarat kesehatan," Kuswandi menjabarkan.

Hasil uji klinis baru akan diketahui sembilan bulan ke depan. "Saya enggak mau gagal, dengan kualitas terjaga jangan sampai buang waktu, tenaga, dan dana," ujarnya beberapa hari sebelumnya.

 




Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Sebelumnya

BMKG: Hujan Intensitas Ringan Hingga Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Sepanjang Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News