Ilustrasi vaksin SARS-CoV-2/Net
Ilustrasi vaksin SARS-CoV-2/Net
KOMENTAR

VAKSIN untuk virus corona baru atau SARS-CoV-2 akan siap secepatnya pada akhir tahun 2020 atau awal 2021.

Penasihat Gugur Tugas Covid-19 Gedung Putih, Dr. Anthony Fauci pada Selasa (23/6), mengaku optimis akan kesiapan vaksin untuk Amerika Serikat (AS), melansir The Independent.

"Kami merasa optimis dan hati-hati, berdasarkan upaya bersama dan fakta bahwa kami mengambil risiko finansial. Saya percaya itu akan terjadi, kita mendapat kandidat yang menguntungkan dengan hasil yang baik, kita akan dapat membuat mereka tersedia untuk publik Amerika," ujar Fauci .

"Itu akan terjadi pada akhir tahun kalender ini atau awal 2021," sambung Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS tersebut.

Lebih lanjut, Fauci mengatakan, vaksin merupakan \'game changer\' yang akan mengakhiri pandemik. Namun, pengembangan vaksin pun harus tetap sejalan dengan protokol agar bisa efektif dan aman.

"Jika Anda melihat sejarah penyakit virus, umumnya vaksin bagaikan paku untuk menutup peti mati jenis ini," ujar Fauci.

"Pengujian klinis yang ketat diperlukan untuk menetapkan keamanan dan kemanjuran vaksin, berarti mungkin diperlukan beberapa waktu agar vaksin SARS-CoV-2 yang berlisensi tersedia bagi masyarakat umum," lanjutnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Universitas Johns Hopkina pada Rabu (24/6), AS sudah mencatatkan 2.345854 kasus Covid-19 dengan 121.217 di antaranya meninggal dunia. Dari catatan, terjadi tren penurunan jumlah kematian harian akibat virus selama empat hari terakhir.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News