Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KABAR kehamilan tentu saja menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi pasangan suami istri.  Namun, di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 seperti yang terjadi saat ini, kabar tersebut tentunya dapat membuat ibu merasa khawatir.

Terlebih mengenai potensi dampak virus corona terhadap sang buah hati di dalam kandungan.

Wajar bila kekhawatiran itu muncul. Namun tidak perlu cemas berlebihan. Pahami sejumlah hal penting mengenai kehamilan dan virus corona.

Sejumlah penelitian awal menemukan bahwa virus corona tidak ditularkan dari ibu hamil ke janin mereka. Namun orang hamil berisiko lebih tinggi tertular virus, mengingat sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah.

Pakar kebidanan dan ginekologi tersertifikasi asal New York, Amerika Serikat, Jennifer Butt, MD menjelaskan, saat konsultasi ke dokter kandungan, penting untuk menanyakan tentang langkah apa yang akan diambil untuk meminimalisasi kontak dengan orang lain guna mencegah transmisi virus.

Selain itu, jika memungkinkan, lakukan konsultasi kehamilan jarak jauh.

"Jika beberapa pasien merasa tidak nyaman, kita tunda pertemuan satu hingga dua minggu. Saya juga tidak mengizinkan suami atau anak-anak ikut mengantar. Ini berisiko memperluas paparan virus," kata Butt.

Hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil adalah, selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga.

Sebab kehamilan bisa menjadi sumber kecemasan dan stres, terutama di masa sekarang ini. Menurut Butt, hal utama yang harus dilakukan adalah menerima rutinitas saat ini sebagai hal yang normal.

"Misalnya, kamu biasa bekerja dari pukul 09.00 hingga 17.00. maka lakukanlah seperti biasa, hanya saja kamu sekarang melakukannya di rumah," ujar dia.

Selain itu, batasi paparan berita dan pastikan hanya mendapatkan informasi tentang virus corona dari sumber terpercaya.

Ibu hamil juga perlu saling menanyakan kabar dengan orang lain agar membuat diri tidak merasa kesepian dan terisolasi. Kebiasaan ini juga penting untuk sama-sama mengetahui kabar ibu hamil lainnya, serta sama-sama menguatkan satu sama lain.

"Mengambil waktu menyendiri untuk mempersiapkan rumah, tubuh, dan pikiran untuk menjadi ibu, bisa menjadi latihan dasar yang dapat membantu menjaga kesehatan mental selama masa Pandemi ini," sarannya.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health