Ryan Kaji/Net
Ryan Kaji/Net
KOMENTAR

BILA kita saat ini bertanya kepada anak-anak usia sekolah dasar, "apa cita-citamu?", mungkin tidak sedikit dari mereka yang menjawab "ingin menjadi YouTuber".

Bukan tanpa alasan, platform YouTube memang berkembang pesat dan menarik banyak pengguna dari berbagai kalangan serta rentang usia, tidak terkecuali anak-anak. Bukan hanya itu, para penggunanya juga bisa sekaligus membuat konten video yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

Majalah bergengsi Forbes pekan ini merilis daftar 10 YouTuber dunia yang meraup penghasilan tertinggi dari platform tersebut sepanjang tahun 2019 ini. Di antara mereka yang berada di dalam daftar tersebut merupakan anak-anak yang bahkan belum berusia 10 tahun.

Dikabarkan CNN (Kamis, 19/12), berada di urutan teratas adalah seorang bocah berusia delapan tahun bernama Ryan Kaji dengan channel YouTube-nya, Ryan's World. Di channelnya tersebut, dia kerap mengulas mainan dan dilihat oleh jutaan pengguna YouTube di seluruh dunia.

Ryan Kaji yang memiliki 22,9 juta pelanggan di channel YouTubenya itu meraup keuntungan 26 juta dolar AS pada tahn 2019 ini, atau setara dengan sekitar Rp 360 miliar.  Jumlah keuntungan yang dia dapatkan meningkat 4 juta dolar AS bila dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, ketika dia juga menjadi YouTuber dengan penghasilan tertinggi di dunia.

Dalam daftar yang sama, bertengger di urutan ketiga sebagai YouTuber dengan penghasilan terbesar di dunia sepanjang tahun 2019 ini adalah seorang anak berusia lima tahun bernama Anastasia Radzinskaya. Dia meraup keuntungan dari channel YouTube sebesar 18 juta dolar AS sepanjang tahun ini.

Bocah kelahiran Rusia itu memiliki cerebral palsy, atau kelumpuhan otak. Dia kerap muncul di video YouTube bersama ayahnya.

Menurut Forbes, dia memiliki 107 juta pelanggan di tujuh saluran dan videonya telah ditonton 42 miliar kali. Salah satu videonya yang paling banyak ditonton adalah video tentang perjalanan ke kebun binatang, di mana dia dan ayahnya menari "Baby Shark".

Sedangkan berada di urutan kedua adalah channel YouTube Dude Perfect, yang merupakan sekelompok lima teman di usia tiga puluhan yang bermain olahraga dan melakukan aksi yang menarik. Mereka menghasilkan 20 juta dolar AS sepanjang tahun 2019 ini melalui channel YouTube-nya.

Daftar Forbes itu didasarkan pada pendapatan sebelum pajak yang diperoleh dari hal-hal seperti konten yang disponsori, iklan, penjualan barang dagangan dan tur.

Berikut daftar lengkap 10 YoTuber dengan penghasilan tertinggi di dunia sepanjang tahun 2019 versi Forbes:

1. Ryan Kaji (26 juta dolar AS)
2. Dude Perfect (20 juta dolar AS)
3. Anastasia Radzinskaya (18 juta dolar AS)
4. Rhett dan Link (17,5 juta dolar AS)
5. Jeffree Star (17 juta dolar AS)
6. Preston (Preston Arsement) (14 juta dolar AS)
7. PewDiePie (Felix Kjellberg) (13 juta dolar AS)
8. Markiplier (Mark Fischbach) (13 juta dolar AS)
9. DanTDM (Daniel Middleton) (12 juta dolar AS)
10. VanossGaming (Evan Fong) (11,5 juta dolar AS)

Sementara itu, YouTube sendiri telah mengumumkan bahwa tahun depan akan menghentikan iklan hasil personalisasi pada konten anak-anak. Langkah ini diambil setelah Google setuju untuk membayar 170 juta dolar AS untuk menyelesaikan tuduhan bahwa YouTube melanggar hukum ketika ia dengan sengaja melacak dan menjual iklan yang ditargetkan untuk anak-anak.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News