KOMENTAR

DIA adalah dokter pertama yang melakukan operasi pembedahan perut dalam sejarah kedokteran Tiongkok. Dia disebut juga sebagai bapak pembedahan dan akupuntur dunia. Namanya asing lagi dalam dunia pengobatan China kuno.

Untuk mengurangi sakit akibat pembedahan pasien, Hua Tuo menemukan bubuk Ma Fei San,  penemuannya, yang digunakan untuk pembiusan seluruh badan. Seribu enam ratus tahun kemudian, bangsa Eropa mulai menggunakan obat bius untuk operasi pada permulaan abad 19.

Hua Tuo atau disebut juga Yun Hua, berasal dari Pei Guo Jiao (sekarang Haoxian, Provinsi Anhui, Tiongkok). Dia adalah seorang dokter medis yang terkemuka di Tiongkok Kuno dan terkenal dengan julukan “Tabib Mujarab”. Ia mencurahkan dirinya untuk mempelajari pengobatan dan selalu ingin menolong sesama.

Sejak kecil, ia sudah terlihat terampil dan pandai. Ayahnya meninggal saat dia masih berusia 7 tahun. Karena keluarganya miskin, ibunya memutuskan untuk mengirim Huo Tuo belajar pengobatan kepada dr. Cai, seorang teman dekat ayahnya. Dari sinilah mulanya Hua Tuo mendalami dunia pengobatan dan mengabdikan dirinya.

Hua Tuo tekun belajar. Dia menitik beratkan pada praktik klinis sesungguhnya. Ketika ia berhasil menjadi tabib yang terpercaya, ia semakin ingin mengabdikan diri. Ia tidak pernah membeda-bedakan pasiennya. Ia akan menyediakan jasanya ke mana pun ia pergi. Ia memperlihatkan sebuah jiwa yang mulia dengan mengobati penyakit dan menyelamatkan nyawa. Ia belajar pengobatan seumur hidupnya.

Melansir situs Tionghoa Info, Hua Tuo mengembangkan teori pengobatan yang inovatif dan teknik pengobatan yang mengagumkan dalam berbagai bidang pengobatan, termasuk pengobatan luar, dalam, ginekologi, akupunktur, parasitolog, dan terapi fisik sebagai pengobatan medis. Selain itu, dia juga sangat terampil dalam pembedahan.

Hua Tuo selalu menyarankan pengobatan penyakit melalui olahraga. Ia berpendapat bahwa olahraga fisik adalah kunci untuk memperkuat tubuh, dan pergerakan tubuh dapat melancarkan sirkulasi darah dan metastasis. Ia juga menggunakan gerakan 5 macam hewan yang dinamakan Wu Qin Xi (五禽戏), yang diciptakannya untuk mencegah penyakit dan bermanfaat untuk kesehatan manusia

Penemuan-penemuan peninggalannya dirangkum dalam buku. Di antaranya yang terkenal adalah teknik tusuk jarum, alias titik-titik akupuntur di punggung yang disebut “Jia Ji”, dan pengembangan pati rasa dengan menggunakan obat yang diminum. Cara ini amat berguna dalam operasi pembedahan, dimana resep2nya terdiri dari beberapa bunga dan tanaman beracun, yang banyak tumbuh di wilayah selatan Tiongkok.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News