KOMENTAR

SETIAP bulan April, ada sebuah pertunjukkan tari di Kyoto, namanya Miyako Odori. Berasal dari kata Jepang ‘miyako’ yang berarti modal, dan ‘odori’ berarti tarian. Arti harfiah dari Miyako Odori adalah Tarian Ibukota. Miyako Odori menjadi acara tahunan utama dan populer yang diadakan di Kyoto, danmewah dengan 60 penari yang cantik.

Pertunjukan pertama dari Miyako Odori terjadi  di tahun 1872, sebagai bagian dari Pameran Promosi Industri Domestik Kyoto. Pertunjukkan tersebut  dalam rangka meningkatkan kemakmuran Kota Kyoto setelah ibukota Jepang dipindahkan ke Tokyo pada tahun 1869.

Semenjak tahun 1873, Miyako Odori diadakan di Gion Kobu Kaburenjo. Selain bisa menikmati tarian para maiko dan geiko, penonton juga bisa menyaksikan demonstrasi acara minum teh.

Tarian ini, setiap tahapnya terdiri dari 8 adegan, dengan setiap adegan yang mewakili aspek kehidupan Jepang. Selalu ada kisah dan makna di setiap gerakannya, atau menunjukkan tentang tempat-tempat tradisional atau perubahan di alam dan sebagainya.

Geiko, sang penari akan bernyanyi dan melakonkan sebuah adegan drama. Kostum dan make-up yang digunakan Gaisha sangat mewah. Setiap orang mengenakan kimono yang telah indah dihiasi.

Miyako Odori adalah warisan yang bisa dibanggakan, yang terus memikat penonton yang berasal dari negara-negara di seluruh dunia. Setiap bulan April Kyoto akan hingar dengan pertunjukan yang paling rumit dan abadi di Jepang. Biasanya dikenakan tiket yang cukup mahal untuk menyaksikan pertunjukkan ini.




Deep and Extreme Indonesia 2024 Siap Digelar, Usung Tema “Edge of Tomorrow Dive Into the Depth of Extreme Sports”

Sebelumnya

Berkolaborasi dengan ParagonCorp, Keluarga Kita Luncurkan Beasiswa Program Sekolah Rangkul Keluarga

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E