Ilustrasi perempuan berjalan di tengah hujan. (Freepik/gpointstudio)
Ilustrasi perempuan berjalan di tengah hujan. (Freepik/gpointstudio)
KOMENTAR

DI musim yang tidak menentu ini, tentunya kita harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan. Perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi tentu saja akan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Musim pancaroba, yang merupakan masa peralihan antara dua musim utama, sering kali ditandai oleh perubahan cuaca yang tidak menentu, seperti hujan deras yang tiba-tiba diikuti oleh panas terik ataupun  angin kencang.

Situasi ini bisa menurunkan daya tahan tubuh jika kita tidak waspada dan menjaga kesehatan dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk selalu siap menghadapi kondisi cuaca yang berubah-ubah dengan memperkuat sistem imun melalui asupan nutrisi yang tepat, menjaga kebersihan, dan beristirahat yang cukup.

Tidak hanya itu, berikut ini ada tips yang dapat kamu terapkan untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar di musim pancaroba.

Istirahat Yang Cukup

Dengan kamu mendapatkan istirahat yang cukup, tubuh yang lelah setelah beraktivitas panjang akan memiliki waktu untuk beristirahat. Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, mengurangi risiko terkena penyakit, dan memastikan kamu tetap bugar. Menerapkan pola tidur berkualitas dengan waktu tidur 8 jam sehari dapat mempertahankan kesehatan secara optimal.

Jaga kebersihan Diri dan Lingkungan

Tidak hanya menjaga kebersihan diri ternyata menjaga kebersihan lingkungan juga mampu meningkatkan kesehatan dengan cara menerapkan cuci tangan teratur menggunakan air dan sabun mengalir sehabis beraktivitas penuh bantu terhindar dari serangan bakteri dari luar.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Perbanyak Konsumsi makanan yang bergizi membantu meningkatkan daya imun tubuh seperti sayuran hijau dan buah kaya akan antioksidan yang tinggi konsumsi buah kiwi, atau jeruk bagus untuk tubuh.

Kurangi Stres

Stres diketahui mampu menurunkan kekebalan daya tahan tubuh membuat tubuh rentan terhadap penyakit dan infeksi ditambah dengan cuaca yang tidak menentu. Ketika stres melanda, cobalah untuk melakukan aktivitas yang dapat meredakan stres seperti berinteraksi dengan orang sekitar yang kamu sayangi, mendengarkan musik, dan membaca.

Olahraga

Pilihlah olahraga yang dapat dilakukan di cuaca pancaroba, seperti yoga,  pilates di dalam ruangan, atau bersepeda di tempat gym. Dengan begitu, kamu tetap bisa beraktivitas fisik tanpa terpengaruh oleh perubahan cuaca yang tidak menentu.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health