Buah salak/Unsplash
Buah salak/Unsplash
KOMENTAR

BUAH salak memiliki ciri kulit berbentuk kerucut dengan sisik-sisik cokelat yang menyerupai ular, sehingga sering disebut sebagai snake fruit. Rasanya manis dan sedikit asam memberikan sensasi kesegaran saat dikonsumsi.

Selain nikmat, buah salak ternyata juga kaya akan nutrisi beragam seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mengandung nutrisi yang penting, buah salak juga mengandung senyawa kimia seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena kandungan gizinya yang beragam, salak merupakan pilihan buah yang cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan siapa pun.

Berikut ini sejumlah manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh.

  • Kaya Nutrisi Penting

Banyak nutrisi pentingyang buah diberikan saat mengonsumsi buah salak seperti vitamin c, serat, zat besi, kalsium, fosfor dan kalium. Diketahui bahwa vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan serat yang membantu masalah pencernaan dan menjaga kesehatan jantung.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah salak membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi, dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan pada buah salak baik untuk menjajakan kesehatan kulit. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat membuat kulit menjadi rusak dan menyebabkan penuaan dini.

  • Mencegah Sembelit

Konsumsi buah salak secukupnya baik untuk mencegah terjadinya sembelit. Kandungan serat dalam salak bermanfaat untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan bakteri baik di usus, sehingga memperlancar saluran keluar.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi buah salak rendah akan kalori dan tinggi akan kaya serat sehingga dapat membantu kamu kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan yang dapat mendukung program penurunan berat badan. Jika perlu buah salak dapat dimasukkan ke dalam menu diet kamu.

  • Menyehatkan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah salak penting untuk menjaga kesehatan pada mata, membantu pengelihatan dengan baik serta membantu mencegah masalah rabun pada mata seperti rabun senja.

Itulah berbagai manfaat yang ditawarkan oleh buah salak. Namun pastikan untuk mengonsumsinya tidak berlebihan ya.




Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Sebelumnya

5 Alternatif Minyak Goreng untuk Diet Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health