Ilustrasi perempuan asyik bermain ponsel di malam hari/Freepik
Ilustrasi perempuan asyik bermain ponsel di malam hari/Freepik
KOMENTAR

SEBAGIAN dari kita mungkin sering melewatkan waktu untuk tidur malam atau begadang karena berbagai alasan, seperti tugas yang menumpuk, menonton film, atau sekadar bermain media sosial.

Yang belum banyak diketahui adalah kebiasaan ini dapat memberikan dampak buruk yang nyata pada kesehatan kulit wajah.

Tidur yang cukup memiliki manfaat penting untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat, Selama tidur tubuh akan menghasilkan hormon-hormon yang penting untuk memperbaiki dan memulihkan kesehatan kulit. Disarankan untuk tidur setidaknya tujuh sampai sembilan jam setiap malam.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut efek buruk begadang bagi kesehatan kulit. 

Menyebabkan Pertumbuhan Jerawat

Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon kortisol sehingga menyebabkan risiko kulit wajah berjerawat. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit yang dapat menyumbat pori-pori. Selain itu, kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit rentan terhadap infeksi.

Membuat Kulit Kering

Begadang sering kali mengakibatkan kulit kehilangan kelembapan, mengurangi kadar hidrasi yang dapat menyebabkan kulit kering dan rentan terhadap iritasi. Hal ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi merah dan gatal. Ketika tidur tubuh mengalami relaksasi dan menjaga keseimbangan air sehingga mencegah dehidrasi. Tidur yang cukup memberikan kesempatan bagi tubuh untuk menjaga kelembapan alami kulit.

Munculnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kondisi ini paling umum dapat jelas terlihat. Hal ini terjadi karena rusaknya kolagen pada kulit wajah, yang menyebabkan kulit cepat mengendur dan menyebabkan efek menghitam di sekitar area mata.

Penuaan Kulit

Sering begadang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Saat tidur tubuh melakukan regenerasi sel termasuk sel-sel kulit. Begadang menghambat proses ini sehingga kulit tidak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Akibatnya, tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus muncul lebih cepat.

Kulit Wajah Terlihat Kusam

Kurang tidur juga meningkatkan akumulasi sel kulit mati, membuat kulit tampak tidak segar. Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan perubahan warna kulit wajah dan membuatnya terlihat kusam.

Jangan lupa, menerapkan pola hidup sehat dan menjaga rutinitas tidur yang baik dapat membantu menjaga kesehatan kulit. 




Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Sebelumnya

5 Alternatif Minyak Goreng untuk Diet Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health