Ilustrasi perempuan merasa nyeri dada sebelah kiri/Freepik
Ilustrasi perempuan merasa nyeri dada sebelah kiri/Freepik
KOMENTAR

BANYAK orang mengidentikkan nyeri dada sebelah kiri dengan masalah jantung. Meskipun tidak salah, sebenarnya masih banyak gangguan organ lain yang bisa menyebabkan munculnya nyeri dada tersebut.

Berikut ini 6 (enam) di antara penyebab terjadinya nyeri dada, dirangkum dari berbagai referensi medis.

Serangan jantung

Akibat aliran darah menuju jantung terhambat secara mendadak, kita dapat merasakan nyeri dada sebelah kiri. Jika ini berkaitan dengan masalah jantung, maka kita juga akan merasakan sesak napas, mual dan muntah, juga keluar keringat dingin.

GERD

Melemahnya katup yang ada di antara lambung dan bagian bawa kerongkongan bisa menyebabkan rasa terbakar (heartburn) dan iritasi saluran pencernaan atas. Nyeri dada sebelah kiri bisa terjadi saat terjadi iritasi pada sistem pencernaan karena ada tulang dada yang berada tepat di depan sejumlah organ pencernaan.

Cedera tulang rusuk

Saat tulang rusuk mengalami cedera seperti memar, retak, atau bahkan patah, maka kita dapat merasakan nyeri dada sebelah kiri. Tak hanya nyeri dada, kita juga akan merasa sakit yang sangat hebat saat bernapas atau batuk.

Angina

Kita lebih akrab dengan istilah “angin duduk” dibandingkan angina. Kondisi tersebut mengacu pada kurangnya asupan oksigen menuju jantung. Jangan anggap remeh, karena angina bisa menjadi penyebab penyakit jantung coroner.

Serangan panik

Bukan hanya gangguan fisik, panic attack alias serangan panik yang berlebihan juga menyebabkan detak jantung bertambah sangat cepat secara tiba-tiba. Kondisi tersebut memunculkan nyeri dada sebelah kiri. Selain nyeri dada, kita juga bisa merasa pusing, mual, sesak napas, dan berkeringat.

Stres

Gangguan mental lain yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri adalah stres. Saat stres tidak terkendali, kita bisa merasakan sesak dan nyeri dada. Kondisi ini bisa memicu munculnya penyakit fisik lainnya jika kita tidak mampu mengendalikan stres tersebut.

Sahabat Farah, jangan takut untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika merasakan nyeri dada sebelah kiri yang tidak hilang meskipun kita sudah beristirahat.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health