Presiden AS Joe Biden dan ibu Negara Jill Biden/AP
Presiden AS Joe Biden dan ibu Negara Jill Biden/AP
KOMENTAR

DALAM sebuah diskusi dengan pemimpin komunitas muslim pada minggu ini, Presiden Joe Biden menceritakan sikap Ibu Negara Jill Biden terkait konflik di Gaza

Ketika Presiden Joe Biden bertemu dengan sekelompok pemimpin komunitas Muslim minggu ini, dia menceritakan percakapannya baru-baru ini dengan ibu negara Jill Biden terkait konflik di Gaza.

Menurut Dr. Nahreen Ahmed, salah satu peserta diskusi, Presiden menceritakan bahwa Ibu Negara baru-baru ini mengatakan “ini harus dihentikan” dan “hentikan, hentikan sekarang juga”.

Meski demikian, Presiden tidak menjelaskan apakah pendapat Ibu Negara itu ditujukan kepada perang Israel-Hamas secara luas atau hanya tentang jumlah korban warga sipil di Gaza yang terus meningkat.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan tidak ada titik temu antara pasangan tersebut mengenai masalah ini, dan keduanya sama-sama marah atas kematian warga sipil. Namun pejabat itu menambahkan bahwa Ibu Negara tidak menyerukan Israel untuk mengakhiri upayanya melawan Hamas.

Seorang penasihat utama Ibu Negara mengatakan Jill Biden patah hati atas hilangnya nyawa warga sipil, termasuk pekerja bantuan, dan memiliki keyakinan yang sama dengan suaminya bahwa Israel perlu lebih berhati-hati untuk memastikan keselamatan warga sipil.

“Sama seperti Presiden, Ibu Negara merasa sedih atas serangan terhadap pekerja bantuan dan hilangnya nyawa tak berdosa di Gaza,” kata Elizabeth Alexander, juru bicara Ibu Negara. Keduanya ingin Israel berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil.

Pengulangan pesan istrinya oleh Presiden terjadi pada malam yang sama ketika ia menyatakan kemarahannya atas serangan Israel yang menewaskan tujuh pekerja bantuan World Central Kitchen, termasuk satu warga negara ganda AS-Kanada, di Gaza.

Organisasi bantuan ini didirikan oleh koki Jose Andres, teman pribadi keluarga Biden. Presiden dan ibu negara sama-sama muncul bersama Andres dalam perjalanan ke luar negeri dan menyoroti pekerjaan World Central Kitchen.

Ibu Negara hanya beberapa kali secara terbuka merujuk pada konflik antara Israel dan Hamas.

“Ketika Hamas menyerang Israel, Joe tahu apa yang harus dilakukan,” kata Jill Biden kepada para donor di sebuah acara di Atherton, California, pada bulan November lalu.

Ibu Negara juga mendengar rasa frustrasi dari para pengunjuk rasa atas cara suaminya menangani konflik. Jill Biden diinterupsi setidaknya empat kali oleh pengunjuk rasa pro-Palestina saat berpidato di Tucson, Arizona, bulan lalu, dan orang-orang yang menganjurkan gencatan senjata berkumpul di luar beberapa acara kampanyenya, demikian dilansir CNN.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News