IFW 2024 resmi dibuka (27/3)/Kemenparekraf
IFW 2024 resmi dibuka (27/3)/Kemenparekraf
KOMENTAR

INDONESIA Fashion Week (IFW) 2024 digelar di Jakarta Convention Center pada 27-31 Maret 2024 menghadirkan 300 perancang busana, 18 slot pertunjukan mode spektakuler, 400 booth, juga talk show, trunk show, dan berbagai kuliner.

Mengambil tema “Langgam Jakarta Teranyam”, IFW memperlihatkan kebinekaan Jakarta/Betawi yang menampilkan budaya Melayu, Tiongkok, Arab, dan Eropa.

Poppy Dharsono selaku President IFW yang juga Ketua Umum APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia) menyatakan kebanggaannya karena IFW selalu menjadi platform utama yang memamerkan yang terbaik dari industri mode Indonesia.

“Kami bangga mempersembahkan beragama karya menakjubkan dari pemangku kepentingan dunia mode, mulai dari wastra warisan budaya seperti ikat, songket, batik, dan bordir hingga ke bahan eksklusif mulai dari kulit, emas, perak, mutiara, aksesoris seperti tas dan sepatu, juga alat kecantikan, dan lainnya,” ujar Poppy dalam sambutannya di acara Opening Ceremony IFW di JCC, Rabu (27/3) yang dihadiri Farah.id.

“Acara ini melambangkan persatuan dan kolaborasi karena kami menyatukan bakat-bakat dari 21 perwakilan APPMI di seluruh Indonesia. Melalui pemberdayaan dan pemberian dukungan kepada artisan lokal dan desainer dan perwakilan Dekranasda yang tak tergantikan, yang memperjuangkan UMKM di setiap provinsi, IFW meng-echo-kan karya mereka di panggung global,” imbuhnya.

Apresiasi terhadap penyelenggaraan IFW disampaikan langsung oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

“Kementerian Perdagangan memiliki sejumlah peraturan yang bertujuan untuk melindungi UMKM dan pelaku industri mode Indonesia. Maka, saya mengimbau kita semua yang hadir di IFW ini tidak hanya bangga, tidak hanya bela, tapi juga beli produk buatan Indonesia,” kata Mendag.

Apresiasi terhadap konsistensi IFW yang telah berjalan selama 11 kali juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

“Kontribusi fesyen di Indonesia tercatat sebesar 225 triliun rupiah yang merupakan bagian dari sektor ekonomi kreatif. Adapun dari segi lapangan pekerjaan, industri fesyen menyumbang 17 persen dari total sektor ekonomi kreatif yang membuka 25 juta lapangan pekerjaan. Demikian juga ekspor di sektor ekonomi kreatif Indonesia yang terbesar adalah fesyen yaitu 16,5 miliar USD di tahun 2022,” ujar Menteri Sandiaga dalam sambutannya.

Dijelaskan Menparekraf, Langgam Jakarta Teranyam menjadi kolaborasi APPMI dengan Dinas Parekraf Jakarta yang harus bersiap diri karena ibu kota akan pindah ke IKN.

“Tapi saya meyakini Jakarta bisa tetap menjadi ibu kota fesyen Indonesia. Dengan Langgam Jakarta Teranyam, kita perkenalkan uniknya parekraf Jakarta, sekaligus menjadi apresiasi terhadap kaleidoskop budaya Betawi di mata dunia melalui fesyen,” kata Sandiaga Uno.

“Mari kita dorong pelaku ekraf untuk meningkatkan kualitas dan nilai artistik, semoga ini menjadi awal kesuksesan menuju Indonesia Emas 2045,” tutupnya.

Memeriahkan opening ceremony IFW, hadir koleksi karya desainer Malik Moestaram, RajaRezza, Chayanna, dan Zul Said, serta parade busana khas Indonesia karya puluhan desainer dan brand.

Acara juga dimeriahkan penampilan lagu dan permainan biola Iskandar Widjaja bersama murid ciliknya, Cealodina Huang. Juga penampilan tarian Betawi energik dari para Abang None Jakarta.

Hadir dalam opening ceremony IFW sejumlah duta besar negara sahabat, di antaranya Malaysia dan Thailand—yang juga mengirimkan desainernya untuk tampil di runway IFW, Laos, Armenia, Maroko, Belarus, Polandia, Kazakhstan, Tanzania, Austria, Yordania, Mesir, hingga Yunani.

Sementara itu, hadir pula Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Kepala Dinas Parekraf Jakarta Andhika Permata, Pendiri APPMI Naniek Rachmat, Komisaris Utama BTN Chandra M. Hamzah, Dewi Motik, Guruh Soekarno Putra, serta sejumlah fashion enthusiast dan fashion influencer.

Dalam IFW 2024, APPMI mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koperasi & UKM.

Di tahun ini, APPMI juga berkolaborasi dengan BTN Prioritas, Tokopedia, BMW, Wardah, Vespa, Balifiber, dan Aqua sebagai official partners.




Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabayyun

Sebelumnya

Didukung Jago Syariah, Halal Fair 2024 Siap Melejitkan Pasar Produk Halal Yogyakarta

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E