Koleksi Sejauh Mata Memandang tersedia di Warung Pop-Up SMM di Plaza Indonesia, Jakarta/PIFW
Koleksi Sejauh Mata Memandang tersedia di Warung Pop-Up SMM di Plaza Indonesia, Jakarta/PIFW
KOMENTAR

HARI keenam Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2024 semakin meriah, salah satunya dengan kehadiran koleksi-koleksi indah milik jenama Sejauh Mata Memandang (SMM). Kamis (7/3/2024), koleksi yang bertajuk ‘Sasi’ ini diluncurkan di The Warehouse Plaza Indonesia.

Menurut Chitra Subiakto selaku Founder and Creative Director Sejauh Mata Memandang, Sasi diambil dari bahasa Jawa yang artinya Bulan (penanggalan), penanda waktu yang digunakan dalam kalender. Tajuk ini diambil sebagai pengingat akan waktu yang terbatas dan perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terlebih menyambut bulan suci yang melambangkan harapan dan memiliki makna baik untuk banyak orang.

Dalam pergelaran PIFW 2024, SMM menampilkan 17 looks yang terdiri dari ragam selendang yang dipadupadankan dengan berbagai potongan busana dengan motif-motif khas bernuansa warna hijau, terracotta, dan putih, yang ditonjolkan dengan detail kerancang (border khas daerah Padang, Sumatera Barat).

Chitra Subiakto bersama 17 penampilan busana Hari Raya yang termasuk dalam koleksi 'Sasi'/PIFW

Busana yang ditampilkan dibuat dengan berbagai teknik, yaitu Patchwork yang memanfaakan kembali (upcycle) kain perca sisa produksi (limbah tekstil pra-konsumsi) dan mengubahnya menjadi produk baru. Lalu, teknik bordir dan bordir kerancang pada bahan tulle, linen, dan katun yang dihias dengan motif-motif khas SMM.

Teknik batik cap pada kain TENCEL lyocell, katun primisima, serta katun voile, juga dipakai dalam 17 tampilan koleksi. Disertai teknik tenun jacquard pada kain berbahan campuran TENCEL lyocell dan katun berwarna putih menghasilkan motif samar-samar mascot ayam.

Bagi para pecinta fesyen dan SMM lovers, koleksi ini dijual secara ekslusif mulai 7 Maret 2024 dan dapat dibeli di Warung Pop-up Sejauh Mata Memandang di Plaza Indonesia, lantai basement, atau di webstore www.sejauh.com.

“Saya menemukan inspirasi untuk koleksi ini dari ibu yang sering mengenakan pakaian tradisional, seperti kebaya. Kemudian, ia memadukannya dengan selendang, untuk menyempurnakan penampilan,” kata Chitra.




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Boho Snob, Gaya Bohemia Perpaduan Wastra Nan Cantik Karya Paradise Batik Mudrika

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga