Jabal Al-Lawz saat tertutup salju/SPA
Jabal Al-Lawz saat tertutup salju/SPA
KOMENTAR

ARAB Saudi tidak hanya dikenal sebagai negara Islami dan tempat ibadah umat Muslim, negara ini juga memiliki sejarah, tradisi dan keindahan alam yang patut untuk dinikmati. Di libur Raya Idul Fitri, tidak salah kiranya jika menghabiskan waktu untuk menikmati tiga destinasi di Arab Saudi.

1. Menikmati pengalaman musim dingin

Keindahan di salah satu gunung tertinggi di Provinsi Tabuk/SPA

Arab Saudi memang terkenal dengan gunung-gunung batunya. Namun di wilayah utara, sangan memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan semak-semak beku dan puncak gunung yang diselimuti salju. Semakin indah ketika mata menyaksikan unta-unta berjalan melewati kesibukan musim dingin yang ajaib.

Ada banyak petualangan yang bisa kamu coba, seperti merayakan debu musiman di barat laut Tabuk atau hiking, berkemah dan naik kereta seluncur. Bisa juga bertualang ke Jabal Al Lawz (Gunung Almond) yang memiliki ketinggian 2.549 meter.

Ini adalah gunung tertinggi di Provinsi Tabuk dan menjadi satu-satunya tempat di Saudi yang turun salju hampir setiap tahun.

2. Menikmati gua-gua mistis di Al Qarah

Gua Al Qarah di Al-Ahsa/SPA

Menikmati gunung-gunung di Arab Saudi memang hal yang biasa. Tapi, coba kamu berjalan 25 menit ke timur dari Al Hofuf menuju Taman Nasional Al Ahsa. Di sana ada desa Al Qarah berserta puncak gunungnya yang menakjubkan.

Puncak ini berada di ketinggian 75 meter dari permukaan jalan dan 205 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapainya tentu saja tidak perlu usaha keras, tapi setibanya di puncak kita akan disajikan pemandangan 360 derajat Al Ahsa yang tak tertandingi.

Tidak hanya menikmati puncak gunung, tapia da pula gua-gua mistis yang merupakan hasil dari gunung Al Qarah yang menghubungan ke Kuwait dan Irak di utara da gurun Rub Al Khali di Selatan.

Pelapukan sub-udara, yang dibentuk oleh hujan dan sungai, telah menghasilkan lengkungan, gua, dan bentuk mirip jamur  yang khas. Proses ini juga menciptakan ngarai sempit dan jalur interior tinggi di dalam gunung yang wajib dilihat.

3. Indahnya situs warisan dunia UNESCO

Susunan bebatuan yang indah di Hegra/SPA

Arab Saudi juga memiliki situs warisan dunia UNESCO. Yang pertama adalah Hegra, tujuan ideal bagi pecinta alam dan penggemar ekowisata. Memiliki luas 52 hektar, Hegra menampilkan 131 makam menakjubkan dan formasi batuan yang tak terhitung jumlahnya.

Di sana, wisatawan dapat menaiki kereta kuda sambil menyaksikan langit malam yang indah. Semakin terasa kala rawi atau pendongeng memandu wisatawan dan memberikan pengetahuan mendalam tentang sejarah Hegra.

Situs warisan dunia UNESCO yang kedua adalah Al-Turaif, tempat kelahiran Saudi. Terletak di distrik bersejarah Diriyah, yaitu Bujairi Terrace. Di sana wisatawan dapat bersantap mewan premium dengan kurasi 20 restoran dan kafe indah yang menghadap ke Al-Turaif.




Kementerian Agama Ingatkan Jemaah Agar Tidak Ketinggalan Rukun Haji

Sebelumnya

Teori Agenda Setting: Media Massa dan Politik

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon