Tarhib Ramadhan RISKA 1445 H/Ist.
Tarhib Ramadhan RISKA 1445 H/Ist.
KOMENTAR

REMAJA Islam Sunda Kelapa alias RISKA menggelar kegiatan TARHIB RAMADHAN dengan tema #KitaPastiMenang pada Sabtu, 9 Maret 2024 di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat. Tarhib Ramadhan menjadi pembuka rangkaian kegiatan RBR (Ramadhan Bersama RISKA) 1445 H.

Menariknya, Tarhib Ramadhan tahun ini tidak hanya diisi dengan kajian untuk memperkuat niat dan semangat menunaikan ibadah puasa, tapi juga diisi dengan aktivitas fisik yang diharapkan dapat menambah stamina dalam menjalankan puasa.

“RBR adalah acara tahunan RISKA, yang terdiri dari dua event yaitu menyambut bulan puasa atau Tarhib Ramadhan dan di pertengahan Ramadan berupa acara sosial Anjangsana Sosial RISKA. Tarhib tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ada Fun Run, ada kajian, ada donor darah, ada bazar, dan pertunjukan seni,” ujar Ketua RBR Oki Ardiansyah saat ditemui Farah.id di Masjid Sunda Kelapa (9/3).

Berlangsung sejak pukul 05.30 WIB, Tarhib Ramadhan RISKA dimulai dengan kegiatan Run for Ramadhan menempuh jarak 5 kilometer yang diikuti dengan donor darah. Para peserta kemudian dihibur dengan pertunjukan seni dan teater dari AAR (Anak Asuh RISKA) dan bisa berbelanja di area bazar.

Run for Ramadhan RISKA

Pada siang hingga menjelang Maghrib, empat dai muda memberikan tausiyah dengan tema berkesinambungan seputar kesiapan menjalani Ramadhan. Ada Dimas Adista, Ustaz Handy Bonny, Ustaz Mahruroji, dan Ustaz Hawariyyun.

Dengan gaya dakwah yang ringan namun mengena di hati anak-anak muda, keempat dai ini mengajak peserta Tarhib Ramadhan untuk merenung, menyiapkan hati untuk fokus beribadah di bulan Ramadan, dan berusaha sekuat tenaga untuk istiqamah selepas Ramadan.

Suasana kajian Tarhib Ramadhan RISKA

“Yang pasti, untuk Tarhib Ramadhan hari ini, kami memfasilitasi para jemaah yang ingin mempersiapkan Ramadan secara fisik dan hati. Kami menghadirkan ustaz-ustaz yang memang disukai anak muda. Kita tahu saat ini anak-anak muda, terutama Gen Z, lebih menyukai pemateri dengan pembawaan santai,” ungkap Oki tentang alasan pemilihan pemateri kajian pada Tarhib Ramadhan RISKA.

“Alhamdulillah, dari pagi meskipun hujan deras, kita berhusnuzan bahwa kita diberkahi, Allah rida dengan kegiatan kita, alhamdulillah acara berjalan lancar tanpa ada halangan, dengan jumlah peserta tercatat ada 400 orang,” ungkap Oki.

Stand Remaja Islam Sunda Kelapa

Adapun event kedua RBR yaitu Anjangsana Sosial RISKA akan dilaksanakan pada pertengahan Ramadan di daerah pesisir Jakarta Utara, tepatnya di Yayasan Rumah Belajar Merah Putih. Rumah belajar itu menampung anak-anak yatim piatu, duafa, dan anak putus sekolah.

“Kami ada beberapa kegiatan di sana, mulai dari membuat mural, untuk mengubah yang biasa menjadi luar bisa dengan kreasi anak-anak, kami juga akan membagikan paket berbagi, buka puasa bersama, juga menggelar sesi sharing dengan anak-anak. Jika ada yang ingin berdonasi untuk paket berbagi berisi kebutuhan anak-anak di rumah belajar, kami siap menyalurkannya,” pungkas Oki.




Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabayyun

Sebelumnya

Didukung Jago Syariah, Halal Fair 2024 Siap Melejitkan Pasar Produk Halal Yogyakarta

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E