Flyer International Women's Days/Freepik
Flyer International Women's Days/Freepik
KOMENTAR

LEBIH dari satu abad, kesetaraan bagi perempuan terus diperjuangkan. Dari masa ke masa, lingkungan yang lebih adil dan setara terus ditata agar perempuan semakin berdaya.

Di Tengah dinamika krisis global saat ini, perempuan sebagai kaum rentan juga terdampak. Progres menghapus ketimpangan gender perlu diakselerasi dengan terus memberdayakan peran perempuan sebagai pelaku ekonomi.

“Saya yakin, ketika perempuan mempunyai hak yang sama untuk mengakses, memiliki, dan menggunakan sumber daya, maka perempuan akan memiliki kendali untuk membangun generasi yang lebih inklusif,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Setiap perempuan dan anak perempuan tentu mempunyai hak untuk menentukan masa depannya. Karena itu perempuan berhak:

  • Mendapatkan perlindungan dari tindak kekerasan.
  • Mendapatkan kesempatan yang sama untuk pengembangan keterampilan dan pekerjaan yang layak.
  • Perempuan berhak atas partisipasi yang berarti.
  • Dan perempuan berhak untuk bersuara atas apapun yang dirasakan dan dialami.

International Women’s Days diperingati setiap 8 Maret. IWD merupakan hari aktivisme global yang telah diperingati sejak 1911 dengan komitmen mendorong kesetaraan perempuan. Di tahun ini, IWD mengambil tema Inspire Inclusion atau Menginspirasi Inklusi, yaitu merayakan keberagaman dan pemberdayaan di seluruh aspek masyrakat.

Tema ini mendorong semua orang untuk mengenali perspektif unik dan kontribusi perempuan di semua lapisan masyarakat, termasuk kaum komunitas marginal. Salah satu pilar utamanya adalah mendorong keberagaman dalam posisi kepemimpinan dan pengambilan keputusan. Perempuan, terutama mereka yang berasal dari kelompok marginal, terus menghadapi hambatan dalam hal mencari peran itu.

Dalam organisasi atau kelompok, ada beberapa cara untuk memastikan kebutuhan, kepentingan, dan aspirasi perempuan serta anak perempuan diikutsertakan, yaitu mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan, merekrut dan mempertahankan serta mengembangkan beragam bakat.

Lalu, mendukung perempuan dan anak perempuan dalam kepemimpinan dan pengambilan keputusan bisnis, memberikan perempuan dan anak perempuan akses pendidikan dan pelatihan berkualitas, pembangunan infrastruktur yang memenuhi kebutuhan perempuan dan anak perempuan.

Promosi bakal kreatif dan artistik perempuan dan anak perempuan, serta membantu perempuan dan anak perempuan membuat keputusan tepat mengenai Kesehatan mereka.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News