Ilustrasi tiga remaja melakukan swafoto di Kopenhagen/Yatra
Ilustrasi tiga remaja melakukan swafoto di Kopenhagen/Yatra
KOMENTAR

PARA peneliti di Denmark mengatakan mereka telah menciptakan algoritma pembelajaran mesin untuk memprediksi secara akurat aspek-aspek tertentu kehidupan manusia, termasuk seberapa dini kemungkinan seseorang meninggal.

Studi mereka, yang diterbitkan Desember 2023 di jurnal Nature Computational Science, merinci bagaimana algoritma pembelajaran mesin yang disebut life2vec memprediksi hasil kehidupan dan tindakan seseorang ketika disajikan dengan data yang sangat spesifik terkait diri orang tersebut.

“Dengan data tersebut, kita dapat membuat prediksi apa pun,” kata Sune Lehmann, penulis utama studi tersebut dan profesor di Technical University of Denmark seperti dilansir CNN.

Namun, para peneliti mencatat bahwa ini adalah “prototipe penelitian” dan tidak dapat melakukan “tugas dunia nyata” apa pun dalam kondisi saat ini.

Lehmann dan rekan penulisnya menggunakan data dari daftar nasional di Denmark yang merinci kelompok beragam yang terdiri dari 6 juta orang.

Data tersebut mencakup informasi dari tahun 2008 hingga 2016 terkait aspek-aspek utama kehidupan seperti pendidikan, kesehatan, pendapatan, dan pekerjaan.

Para peneliti mengadaptasi teknik pemrosesan bahasa dan menghasilkan kosakata untuk peristiwa kehidupan sehingga life2vec dapat menafsirkan kalimat berdasarkan data, seperti “Pada bulan September 2012, Francisco menerima dua puluh ribu kroner Denmark sebagai penjaga di sebuah kastil di Elsinore” atau “Selama periode ketiganya. tahun di sekolah asrama menengah, Hermione mengikuti lima kelas pilihan.”

Algoritme tersebut kemudian belajar dari data tersebut, kata Lehmann, dan mampu membuat prediksi tentang aspek-aspek tertentu dalam kehidupan seseorang, termasuk bagaimana mereka berpikir, merasakan dan berperilaku, bahkan apakah orang tersebut akan meninggal dalam beberapa tahun mendatang.

Ketika mesin memprediksi umur manusia

Untuk memprediksi seberapa dini seseorang mungkin meninggal, tim menggunakan data dari 1 Januari 2008 hingga 31 Desember 2015 pada lebih dari 2,3 juta orang berusia antara 35 dan 65 tahun. Kelompok ini dipilih karena angka kematian pada rentang usia tersebut lebih sulit diprediksi, kata Lehmann.

Life2vec menggunakan data tersebut untuk menyimpulkan kemungkinan seseorang bertahan hidup empat tahun setelah 2016.

“Untuk menguji seberapa bagus [life2vec], kami memilih sekelompok 100.000 individu yang setengahnya bertahan hidup dan setengahnya lagi mati,” kata Lehmann. Para peneliti mengetahui siapa saja yang meninggal setelah tahun 2016, namun algoritmanya tidak mengetahuinya.

Kemudian, mereka mengujinya. Mereka meminta algoritme tersebut membuat prediksi individual mengenai apakah seseorang akan hidup melewati tahun 2016 atau tidak. Hasilnya sangat mengesankan: algoritme tersebut 78 persen benar.

Life2vec juga mengungguli model dan data dasar canggih lainnya setidaknya sebesar 11 persen dengan memprediksi hasil kematian secara lebih akurat, kata laporan itu.

Orang yang berjenis kelamin laki-laki lebih mungkin meninggal setelah tahun 2016. Menjadi pekerja terampil seperti insinyur atau memiliki diagnosis masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan juga menyebabkan kematian lebih dini, demikian temuan para peneliti.

Sementara itu, menduduki posisi manajerial atau memiliki penghasilan tinggi seringkali mendorong orang ke kolom “bertahan”.

Algoritma tidaklah sempurna

Namun penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan.

“Kami mencatat bahwa eksperimen tersebut tidak dilakukan secara acak, dan para peneliti tidak buta terhadap alokasi selama eksperimen dan penilaian hasil,” catat laporan tersebut.

Para peneliti hanya melihat data selama periode delapan tahun, dan mungkin terdapat bias sosiodemografis dalam pengambilan sampel meskipun setiap orang di Denmark terdaftar dalam daftar nasional.

“Jika seseorang tidak memiliki gaji – atau memilih untuk tidak terlibat dengan sistem layanan kesehatan – kami tidak memiliki akses terhadap data mereka,” kata mereka.

Penelitian ini dilakukan di negara kaya yang memiliki infrastruktur dan sistem layanan kesehatan yang kuat, demikian catatan yang harus diperhatikan. Tidak jelas apakah temuan Life2vec dapat diterapkan di negara lain seperti Amerika Serikat, mengingat perbedaan ekonomi dan sosial di negara tersebut.

Lehmann mengatakan bahwa dia tahu bahwa algoritme tersebut terdengar menyeramkan dan gila, namun sebenarnya ini adalah sesuatu yang telah banyak dikerjakan, terutama yang didorong oleh perusahaan asuransi.

Akankah manusia kehilangan misteri?




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon