Hari Aids Dunia 1 Desember/Freepik
Hari Aids Dunia 1 Desember/Freepik
KOMENTAR

Hari AIDS sedunia diperingati pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya. Peringatan Hari AIDS dilaksanakan guna mengedukasi serta meningkatkan kesadaran dari dampak penularan HIV/AIDS. Tahun ini, Hari AIDS Sedunia memasuki peringatan yang ke-35 tahun.

Berdasarkan hasil penelusuran Farah.id, peringatan Hari AIDS tahun ini bertajuk “Let Communities Lead”. Mengutip laman resmi World Health Organization (WHO), dipilihnya tema ini menandai dampak penting yang dimiliki oleh komunitas dalam membentuk respond terhadap HIV.

Menurut data yang dihimpun Farah.id, sejarah Hari AIDS Sedunia berawal dari dua anggota WHO yang memberikan usulan terhadap pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS pada 1988.

Kedua anggota WHO tersebut adalah James Bunn dan Thomas Netter. Keduanya membutuhkan waktu satu tahun untuk merancang dan membuat konsep mengenai peringatan HIV-AIDS Sedunia. Akhirnya, disepakatilah tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS Sedunia.

Momentum tersebut yang menjadi hari peringatan interasional pertama terkait kesehatan global.

Sejak tahun 1996, operasi Hari AIDS Sedunia diambil alih oleh UNAIDS yang kemudian memperluas cakupan proyek menjadi kampanye pencegahan dan pendidikan sepanjang tahun.

Dan pada 2004, World AIDS Campaign terdaftar sebagai organisasi nirlaba independen yang berbasis di Belanda.




Naik Transportasi Umum untuk Kurangi Polusi, Tunggu Apalagi?

Sebelumnya

Hadirkan Akses Monitoring dan Pengelolaan Dana Real Time, M-Syariah Dukung Pertumbuhan Bisnis Pelaku Usaha di Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon