Selamat Hari Kesehatan Nasional 12 November/Kemenkes RI
Selamat Hari Kesehatan Nasional 12 November/Kemenkes RI
KOMENTAR

MENYAMBUT Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November 2023, Konfederasi Serikat Pekerja Tenaga Medis dan Kesehatan Indonesia mengajak segenap komponen bangsa untuk memperkuat Sistem Kesehatan Nasional (SKN) demi terwujudnya kedaulatan kesehatan Indonesia.

Ajakan Konfederasi Serikat Pekerja Tenaga Medis dan Kesehatan Indonesia tersebut berdasarkan pengalaman pandemi COVID-19 yang menunjukkan lemahnya SKN terutama terkait pencegahan penyakit meliputi testing, tracing, dan tracking serta respons adaptif terhadap lonjakan kasus COVID-19.

Pada awal pandemi, kurangnya APD bagi tenaga medis, sulitnya mobilisasi sumber daya kesehatan, serta kurang dan tidak meratanya pasokan farmasi membuat Indonesia harus kehilangan banyak korban jiwa—termasuk para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan.

SKN yang kuat dibutuhkan untuk bisa mewujudkan kedaulatan kesehatan Indonesia. Penguatan SKN dilakukan untuk mencapai tujuan yaitu 8 (delapan) kedaulatan kesehatan.

Berikut ini kutipan pernyataan resmi Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Tenaga Medis dan Kesehatan Indonesia Dr. Roy Tanda Anugrah Sihotang, MARS yang diterima Farah.id terkait 8 Kedaulatan Kesehatan yang dibutuhkan rakyat Indonesia.

Di Hari Kesehatan Nasional tahun 2023 ini kita secara bangsa harus menyadari, bahwa negara dan bangsa kita membutuhkan kedaulatan kesehatan sebagai tujuan dari Sistem Kesehatan Nasional di masa yang akan datang, yaitu:

  1. Kedaulatan Pelayanan Kesehatan
  2. Kedaulatan Kesehatan Lingkungan
  3. Kedaulatan Nutrisi
  4. Kedaulatan Pembiayaan Kesehatan
  5. Kedaulatan Farmasi dan Alat Kesehatan
  6. Kedaulatan Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan
  7. Kedaulatan Sumber Daya Manusia Kesehatan
  8. Kedaulatan Teknologi Kesehatan

Mencapai kedaulatan kesehatan adalah tugas mendesak negara Indonesia di masa yang akan datang. Negara dalam hal ini pemerintah Indonesia, harus bisa mendorong dan memobilisasi segenap sumberdaya kesehatan yang dimiliki untuk menghantarkan bangsa Indonesia kepada Kesehatan yang berdaulat.

Konsep kedaulatan kesehatan harus diintegerasikan dan juga menjadi arah tujuan Sistem Kesehatan Nasional. Dengan harapan di masa yang akan datang, dengan Kedaulatan Kesehatan, Indonesia memiliki Sistem Kesehatan Nasional yang tangguh, tahan uji, dan adaptif terhadap segala perubahan.




Pembatalan Kenaikan UKT oleh Menteri Nadiem Tidak Menyelesaikan Masalah

Sebelumnya

Menteri Nadiem Batalkan Kenaikan UKT

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News