Selamat Hari Pahlawan 2023/Instagram @kemensosri
Selamat Hari Pahlawan 2023/Instagram @kemensosri
KOMENTAR

HARI Pahlawan Nasional diperingati pada tanggal 10 November setiap tahun. Hari Pahlawan hadir atas peristiwa bersejarah di Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan melalui gerakan Revolusi Nasional Indonesia pada Pertempuran Surabaya 10 November 1945.

Untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional, Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) merilis tema dan logo yang berbeda setiap tahunnya.

Tema dan logo yang diusung pun memiliki makna dan filosofi tersendiri. Berikut tema dan logo Hari Pahlawan Nasional 2023.

Tema Hari Pahlawan 2023

Dikutip dari akun instagran resmi Kemensos RI, tema besar Hari Pahlawan 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Tema ini diusung agar generasi sekarang dapat memaknai bahwa semangat para pahlawan dapat dijadikan pijakan dalam bertindangn sehari-hari dan tentunya di masa depan. Selain itu, diharapkan pula semangat tersebut dapat mewujudkan Indonesia menjadi lebih sejahtera.

Logo Hari Pahlawan 2023

Merujuk pada akun instagram resmi Kemensos RI, berikut filosofi dari logo Hari Pahlawan Nasional 2023.

1. Matahari

Matahari melambangkan penerangan, mengingat bagaimana kehadirannya yang terang menerangi dunia dan memberikan harapan sama seperti pahlawan.

2. Saling Merangkul

Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

3. Anyaman Bambu

Anyaman merupakan tradisi bangsa Indonesia yang banyak dijadikan sebagai usaha rakyat. Ini merupakan simbolisasi bagaimana ekonomi kerakyatan bisa membuat Indonesia tumbuh.

4. Elemen Grafis

Elemen grafis pada logo Hari Pahlawan Nasional 2023 terinspirasi dari anyaman yang merupakan representasi dari upaya dan kerja keras dalam menghubungkan dan menyatukan serat atau bahan-bahan yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh. Hal tersebut mencerminkan semangat perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mempersatukan bangsa dan melawan penjajah.




Menteri Perindustrian Dukung Pembentukan Satgas Pemberantasan Barang Impor Ilegal

Sebelumnya

Mendikbudristek Nadiem Makarim: Penting Menanamkan Rasa Cinta terhadap Perbedaan dalam Diri Anak Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News