Dian Sastro sebagai Dasiyah/Instagram @therealdisastr
Dian Sastro sebagai Dasiyah/Instagram @therealdisastr
KOMENTAR

SERIAL Gadis Kretek yang menghadirkan jalinan cerita yang saling bertaut antara dua masa ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang terbit pada tahun 2012. Serial ini mulai ditayangkan pada 2 November 2023 di platform digital Netflix.

Serial Gadis Kretek disutradarai pasangan Kamila Andini dan Ifa Isfansyah serta diproduksi BASE Entertainment. Film ini diperankan sejumlah pemain film papan atas Tanah Air mulai dari Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino, Sha Ine Febriyanti, Rukman Rosadi, hingga Tutie Kirana.

Dian Sastrowardoyo dipercaya untuk menjadi pemeran utama sebagai Dasiyah atau Jeng Yah yang memiliki ambisi menjadi peracik saus untuk rokok kretek.

Menghidupkan karakter Dasiyah atau Jeng Yah bukanlah hal yang mudah bagi Dian Sastrowardoyo. Akrtis cantik ini membeberkan tantangan utama saat beperan sebagai Dasiyah atau Jeng Yah. Menurutnya, karakter tersebut memiliki kepribadian dan perilaku yang jauh berbeda dengannya.

Dengan latar zaman dan budaya yang berbeda, Dian merasakan kebiasaan-kebiasaan Dasiyah cukup membuat kerepotan. Tokoh Dasiyah sendiri memiliki karakter yang tidak banyak bicara, dan memiliki cara jalan yang sangat lama.

Dian mengaku mendapat tantangan yang cukup besar dalam memerankan tokoh Dasiyah karena karakternya sangat berbeda dengan dirinya yang ekspresif dalam berbicara. Oleh sebab itu, Aktris berusia 41 tahun ini melakukan beberapa cara agar karakter Dasiyah dapat ia perankan tanpa canggung.

Demi mendalami peran tersebut, salah satu hal yang dilakukan Dian Sastro adalah mengurung diri di rumah tanpa bersosialisasi selama enam bulan. Bahkan, Dian rela tidak bertemu dengan teman-teman dekatnya.

“Enggak ketemu orang, handphone enggak dinyalain, enggak dengar musik, enggak tahu peradaban, enggak buka internet. Musik yang aku dengarkan cuma gamelan dan musik klasik” ujar Dian pada sesi wawancara Gadis Kretek di The Hermitage, Jakarta Pusat pada Rabu (1/11).

Sementara itu, untuk memperlambat gerakan jalan, Dian Satro sampai harus meninggalkan rutinitas berolahraga, seperti tenis dan berlari dalam beberapa waktu. Ia pun hanya melakukan meditasi dan menari Jawa untuk memaksimalkan perannya di serial Gadis Kretek.

Dalam hal ini, Dian Sastro menilai Rukman Rosadi yang berperan sebagai ayahnya di Gadis Kretek sangat membantunya dalam menghidupkan karakter Dasiyah. Salah satu pembelajaran yang dapat diambil Dian adalah cara melangkah ketika masuk dan melewati pintu. Dian Satro pun mengaku ketagihan menggunakan pendekatan tersebut.




Menanti AESPA Live Tour: SYNK Parallel Line di Jakarta, Catat Tanggalnya

Sebelumnya

Satu Lagi Penyanyi Indonesia Debut Jadi Girl Group K-Pop: Kimberley Fransa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment