Gubernur BI bersama Menteri Koperasi dan UKM serta Menteri Ketenagakerjaan menghadiri upacara pembukaan IN2MF di JCC (26/10)/Dok. IFC
Gubernur BI bersama Menteri Koperasi dan UKM serta Menteri Ketenagakerjaan menghadiri upacara pembukaan IN2MF di JCC (26/10)/Dok. IFC
KOMENTAR

INDONESIA International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023 yang merupakan rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023 secara resmi dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo didampingi Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada 26 Oktober 2023.

Bank Indonesia bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) menginisiasi pelaksanaan IN2MF sebagai payung besar dan integrasi seluruh kegiatan di sektor modest fashion Indonesia.

Penyelenggaraan IN2MF terus ditingkatkan ke skala internasional guna memperkenalkan produk modest fashion Indonesia dan memperkuat eksistensinya di kancah global.

Di tahun ini, IN2MF selama lima hari menampilkan 18 fashion parade yang diikuti 176 desainer kebanggaan Indonesia dan 10 desainer internasional.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan optimisme bahwa gelaran IN2MF untuk kedua kalinya tahun ini dapat mendukung percepatan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia dan gaya hidup halal global. Modest fashion Indonesia memiliki potensi besar untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah.

Melanjutkan keberhasilan tahun sebelumnya, Indonesia perlu memperkuat implementasi dari tiga pilar strategi utama, mulai dari penguatan produk, penguatan pelaku, dan penguatan promosi.

“Salah satunya kita meningkatkan eksposur ke skala global dengan membawa modest fashion unggulan Indonesia ke berbagai negara, seperti London, Dubai, Beijing, dan Paris. Ini menunjukkan modest fashion Indonesia memang hebat, berpotensi menjadi terbaik di dunia dan IN2MF menjadi gelaran modest fashion terbesar tak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia,” papar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam sambutannya dalam opening ceremony sekaligus secara resmi membuka IN2MF pada Kamis (26/10).

Dukungan segenap Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Tanah Air, KemenkopUKM, Kementerian Ketenagakerjaan, segenap desainer, serta UMKM binaan BI dan KemenkopUKM disebut Gubernur BI telah menjadikan IN2MF sebagai gelaran terbaik dan terbesar di Indonesia.

“Tujuannya satu, menjadikan modest fashion Indonesia sebagai yang terbaik di dunia, sekaligus UMKM Indonesia naik kelas di kancah internasional. Dan lebih dari itu, modest fashion Indonesia juga berhasil memperlihatkan bahwa penampilan muslimah itu cantik dan modern, insya Allah halalan thayyiban. Satu pesan saya, jangan hanya menonton saja, jika ada yang suka, langsung beli, beli, beli,” ujar Gubernur BI yang disambut tepuk tangan audiens yang hadir

Mengusung tema Sustainable Modest Fashion Indonesia Melalui Wastra Indonesia”, gelaran IN2MF mendukung pengembangan ekonomi hijau pada sektor industri modest fashion, dengan mengedepankan penerapan konsep sustainability dan optimalisasi penggunaan wastra Nusantara dan kain lokal.

IN2MF 2023 menghadirkan rangkaian kegiatan fashion show, pameran dagang berstandar internasional, talkshow, dan business matching. Sebagai etalase produk-produk modest fashion unggulan Indonesia yang siap merambah pasar global, IN2MF 2023 diikuti lebih dari 200 jenama dalam fashion exhibition yang memperlihatkan keragaman produk modest fashion Indonesia.

Dalam acara pembukaan IN2MF 2023 ditampilkan pula fashion show bertema “The Future Modest Fashion” yang menunjukkan karya desainer dan UMKM wastra dari berbagai daerah telah naik kelas dan siap untuk mendunia.

Koleksi tersebut merupakan hasil kolaborasi antara UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) di sejumlah wilayah yang mendapat pendampingan dari Dewan Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia yaitu Ali Charisma, Itang Yunasz, dan Wignyo Rahadi.

Melengkapi kemeriahan opening ceremony IN2MF, Salma Indonesian Idol 2023 menghibur para tamu undangan dengan suara emasnya dalam balutan modest fashion yang memukau.




Buttonscarves Hadirkan Tropical Paradise Pop-Up Store: Penyatuan Fashion dan Experience untuk BSLady di Indonesia dan Malaysia

Sebelumnya

Jakarta Muslim Fashion Week 2025: Merayakan Keberagaman dan Inovasi untuk Modest Fashion Berkelanjutan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E