Warga Gaza kehabisan air, makanan, dan bahan bakar/AP
Warga Gaza kehabisan air, makanan, dan bahan bakar/AP
KOMENTAR

SEKRETARIS Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan dua hal kepada Israel dan Palestina.

“Menghadapi situasi bencana kemanusiaan ini, saya menyerukan dua tindakan segera. Untuk Hamas, segera bebaskan para sandera tanpa syarat. Dan untuk Israel, segera buka akses bantuan kemanusiaan tanpa terbatas untuk memenuhi kebutuhan mendasar masyarakat di Gaza,” tegas Guterres dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shourkry, Kamis (19/10) seperti dilaporkan Anadolu.

Sekjen PBB mengimbau agar bantuan kemanusiaan untuk warga sipil di Gaza harus diberikan secara berkelanjutan. Data yang dihimpun Farah.id menunjukkan bahwa warga Gaza membutuhkan air, bahan pangan, dan bahan bakar yang menjadi kebutuhan mendasar mereka sehari-hari.

Untuk itulah PBB membutuhkan akses sesegera mungkin untuk menyelamatkan nyawa warga sipil yang selamat dari serangan bom Israel.

Guterres menegaskan bahwa pintu perbatasan Rafah dan Bandara Internasional Al Arish merupakan harapan satu-satunya dalam memenuhi hajat hidup masyarakat di Gaza. Hingga saat ini, penduduk Gaza menjadi korban bombardir dan blokade besar-besaran selama 13 hari dalam konflik Hamas-Israel.

Sekjen PBB mendesak Palestina dan Israel menghormati hukum kemanusiaan internasional. Dia mengingatkan kembali larangan untuk menyerang rumah sakit, gedung PBB, dan sekolah.




Bikin Romantis, Negara Dongeng Republik Naminara di Korea

Sebelumnya

Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News