Jus buah sangat segar diminum, tapi jangan asal mencampur buah/Freepik
Jus buah sangat segar diminum, tapi jangan asal mencampur buah/Freepik
KOMENTAR

JUS buah adalah salah satu cara yang dipakai banyak orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Memang, mengonsumsi buah secara rutin dapat mengurangi berbagai risiko penyakit seperti jantung, diabetes tipe 2, obesitas, stroke, dan kanker. Kandungan serat, air, antioksidan dalam buah dapat membantu menjaga seluruh sistem pencernaan agar lebih sehat.

Jus buah memang menyehatkan, tapi ada beberapa buah yang tidak boleh dicampur. Campuran buah-buahan tertentu bisa membuat jus terlalu asam, tinggi serat, dan tinggi kalori. Mengonsumsinya justru bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Buah-buah berikut ini sebaiknya tidak dicampur saat hendak membuat jus:

Jeruk dan pisang

Kedua buah-buahan ini kaya akan kandungan serat dan sebaiknya hindari untuk mencampur keduanya. Alasannya, terlalu banyak serat dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan dan dapat mengakibatkan kram perut.

Apel dan pir

Jangan coba-coba mencampur kedua buah ini dalam jus, karena sama-sama mengandung serat yang tinggi. Mengonsumsi serat berlebihan dapat meningkatkan produksi gas di dalam perut dan bakteri di dalam saluran pencernaan akan memfermentasi serat menjadi gas. Gas yang menumpuk akan menyebabkan perut kembung.

Anggur dan nanas

Kombinasi buah anggur dan nanas sebaiknya tidak dibuat jus karena keduanya memiliki kandungan asam yang tinggi. Studi jurnal Digestive Disease and Science memaparkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi asam dapat menyebabkan GERD, yaitu kondisi naiknya asam lambung yang mengikis kerongkongan terus menerus sehingga menyebabkan sejumlah gejala maag.

Mangga dan pisang

Mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti mangga dan pisang, memang bagus utuk tubuh. Tapi, jangan berpikiran untuk mengkombinasikannya dalam satu jus. Asupan kalori berlebih setiap hari dapat mengakibatkan penambahan berat badan. Kalori berlebih akan disimpan tubuh menjadi lemak.

Pisang dan nanas

Kombinasi jus pisang dan nanas memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan tubuh akan memecahnya menjadi gula. Kombinasi kedua buah ini sangat tidak disarankan, karena berisiko tinggi menaikkan gula darah.

Jadi, ada baiknya perhatikan dengan seksama buah-buahan yang hendak dikombinasikan untuk menjadi jus. Jangan sampai niat sehat dari mengonsumsi jus justru berujung pada sakit. Ingat, campuran buah yang banyak mengandung serat dapat berakibat pada kram perut dan perut kembung.

Sedangkan campuran buah yang mengandung asam tinggi berpotensi menyebabkan asam lambung naik. Sedangkan kombinas buah yang memiliki kalori serta karbohidrat tinggi berpotensi mengalami obesitas dan diabetes.




Flu Singapura Meradang, Masker dan Isolasi Mandiri Kembali Dikencangkan

Sebelumnya

Tentang Anemia Aplastik, Penyakit yang Diderita Komedian Babe Cabita

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health