Jus buah bit dapat mengatasi nyeri otot 48 jam setelah berolahraga/Net
Jus buah bit dapat mengatasi nyeri otot 48 jam setelah berolahraga/Net
KOMENTAR

BEROLAHRAGA rutin sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Tetapi, olahraga juga bisa memberi dampak nyeri pada otot, apalagi jika kamu sudah lama tidak melakukannya.

Jika tidak melakukan pemanasan maupun pendinginan yang tepat, biasanya otot akan mudah tegang. Di situlah semudian terjadi nyeri otot. Jika balsam atau sejenisnya tidak bisa meredakan nyeri otot, coba konsumsi beberapa jenis makanan ini.

Semangka

Mengonsumsi semangka setelah berolahraga ternyata disarankan, lho. Sebab buah semangka kaya akan kandungan asam amino L-citrulline yang dapat memproduksi nitric oxide, yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah pada otot. Kamu bisa memakannya langsung atau meminum jus semangka untuk mengatasi nyeri otot dan menyegarkan tubuh.

Ikan

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa ikan yang mengandung lemak atau minyak alami memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah kandungan proteinnya yang dinilai ampuh untuk meregenerasi sel otot setelah berolahraga. Beberapa ahli menyarankan untuk mengonsumsi 30 gram ikan setelah berolahraga untuk meredakan nyeri otot. Beberapa ikan yang disarankan adalah ikan sarden atau salmon.

Jus buah bit

Jus buah bit dapat mengatasi nyeri otot 48 jam setelah berolahraga. Sebab, buah bit mengandung komponen zat nitrat dan pigmen bernama betalain, yang berfungsi mengirimkan oksigen pada otot untuk memproduksi energi yang baik dalam memperbaiki sel-sel otot. Jus buah bit juga mampu mengatasi inflamasi dan kerusakan oksidatif yang diterima tubuh saat berolahraga.

Telur

Ternyata, telur terbukti mampu membantu stimulasi penyembuhan otot yang tegang setelah berolahraga. Itulah mengapa telur menjadi makanan khusus bagi para atlet, sebelum atau sesudah latihan.

Produk susu

Selain menyehatkan pencernaan, susu juga memiliki khasiat yang baik untuk otot. Susu memiliki protein yang dapat memulihkan otot, juga rendah karbohidrat sehingga mampu mengisi cadangan glikogen untuk mengembalikan gula darah, tanpa menaikkannya secara drastis.

Sayuran berserat

Saat berolahraga, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan energi sehingga kadar gula darah dalam tubuh juga akan menurun. Mengonsumsi sayuran berserat setelah berolahraga memiliki khasiat yang baik untuk mengembalikan cadangan gula darah dalam tubuh.

Kopi

Tak hanya penangkal kantuk, kopi ternyata dianggap baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan kafein pada kopi, yang berfungsi menghalangi reseptor adenosin yang akan dilepaskan ketika otot mengalami nyeri.

Nah itu dia makanan dan minuman yang bisa kamu coba untuk mengatasi nyeri otot setelah berolahraga. Selamat mencoba!




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health