Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SEPATUTNYA Ramadan menjadi waktu yang tepat buat Sahabat Farah memperbaiki berat badan. Ramadan bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk mulai menerapkan pola makan yang lebih sehat. Berpuasa membantu memperkuat sistem pencernaan dan meningkatkan efisiensinya melalui menu diet yang sehat.

Agar tujuan diet kamu berhasil, ada baiknya memperbanyak konsumsi serat dan protein, membatasi makanan dan minuman manis, menghindari makan berlebih dan gorengan, cukupi kebutuhan air putih, dan tidur yang cukup.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan sekaligus mengefisiensikan program diet kamu, tiga jenis minuman ini sangat baik untuk dikonsumsi, yaitu:

1. Air kelapa

Air kelapa memiliki rasa manis alami, agak hangat, rendah gula dan kalori, memuat kalium, natrium, magnesium, dan semuanya itu berguna mengembalikan nutrisi yang hilang. Satu cangkir air kelapa hijau yang masih muda setara dengan 240 ml air, mengandung 60 kalori dan nutrisi.

Bagi yang ingin diet, air kelapa rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, membantu menurunkan gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

2. Susu kurma

Kurma mampu menjaga kadar kolesterol dan sedikit mengandung lemak. Meskipun nilai kalorinya tinggi, kurma memiliki indeks glikemik yang rendah. Kurma atau susu kurma, sangat baik untuk yang ingin menurunkan berat badan, karena mengenyangkan, menurunkan potensi obesitas, meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kestabilan kadar gula darah, dan membuat pencernaan semakin lancar.

3. Jus buah asli

Jus buah adalah minuman buka puasa untuk diet yang praktis disajikan. Jus segar dari buah melon, semangka, jambu biji atau stroberi, sangat baik untuk menghidrasi tubuh sekaligus melengkapi kebutuhan vitamin harian. Tapi perlu diperhatikan, jangan menambahkan beberapa bahan lain, seperti gula atau susu kental manis. Ada baiknya jika menginginkan rasa manis, bisa menambahkan madu secukupnya.

Nah Sahabat Farah, tidak ada salahnya memanfaatkan momen Ramadan ini untuk menyeimbangkan berat badan. Makanlah makanan yang mengandung banyak serat dan konsumsi minuman seperti jus buah asli, susu kurma, atau air kelapa sebagai pelengkap.




Kenali Pemicu dan Gejala Penyakit Asma, Ketahui Cara Mencegahnya

Sebelumnya

Temukan Manfaat Buah Kiwi yang Baik untuk Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health