500 ribu penanak nasi untuk rumah tangga Indonesia/Pexels
500 ribu penanak nasi untuk rumah tangga Indonesia/Pexels
KOMENTAR

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) siap membagikan 500.000 rice cooker gratis untuk masyarakat pada awal bulan November 2023.

“Kemungkinan awal November sudah bisa didistribusikan,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana di Jakarta, Minggu (15/10).

Adapun tentang calon penerima rice cooker gratis, Sekjen Kementerian ESDM menegaskan bahwa pemerintah sudah memiliki nama dan alamat mereka.

Pengadaan 500.000 rice cooker tersebut sudah disanggupi pihak produsen hingga akhir tahun ini dan saat ini menunggu tahap realisasi pembagian rice cooker. Kementerian ESDM memastikan bahwa rice cooker yang dibagikan adalah produk buatan anak bangsa.

Kebijakan rice cooker gratis diyakini pemerintah berpotensi menambah konsumsi listrik lebih kurang 140 gigawatt hour (GWh) atau sebanding dengan kapasitas pembangkit 20 megawatt (MW).

Data yang dihimpun Farah.id menunjukkan bahwa pemerintah telah menyiapkan dana Rp347,5 miliar untuk pengadaan rice cooker gratis. Hal tersebut sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Alasan pembagian alat masak berbasis listrik bertujuan mengajak masyarakat beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan, sekaligus mengurangi penggunaan elpiji yang hingga saat ini masih impor.

Dengan rice cooker gratis, pemerintah juga memprediksi penghematan 29 juta kilo atau 9,7 juta tabung elpiji 3 kilogram. Karena itulah program bagi-bagi mesin penanak nasi ini dianggap mampu menekan angka impor elpiji.




Menkes Budi: Deteksi Dini Kanker Bisa Dilakukan di Puskesmas

Sebelumnya

Pentingnya Kesehatan Mental Ibu Melahirkan, RS Marzoeki Mahdi & King’s College London Hospital Tanda Tangani Kerja Sama

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News