Biarkan anak merasa nyaman bercerita dengan orang tuanya/Freepik
Biarkan anak merasa nyaman bercerita dengan orang tuanya/Freepik
KOMENTAR

SALAH satu parenting skill yang wajib dimiliki orang tua adalah bisa mendengarkan dengan baik.

Tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik. Karena itulah, kita sebagai orang tua harus menghayati peran sebagai sahabat anak, yang mampu mendengarkan bukan hanya dengan telinga melainkan juga dengan hati.

Bagaimana agar orang tua mampu menjadi pendengar yang baik?

Pertama, kita harus menemukan waktu luang untuk kita fokus pada anak. Kita tidak perlu memegang gawai apalagi diselingi mengerjakan tugas kantor.

Kedua, mendengarkan berarti memprioritaskan untuk mengetahui kebutuhan anak dan bagaimana perasaan mereka. Apakah mereka takut terhadap sesuatu, cemas menghadapi hari-hari mereka, dan apa keinginan mereka. Mendengarkan berarti kita menyimak apa yang anak rasakan.

Ketiga, kita bertanya kepada anak tentang harapannya. Dan ketika kita sudah menanyakannya, kita seharusnya berusaha memenuhi harapannya dan tidak mengabaikannya.

Keempat, ingatlah bahwa kita harus menjadi pendengar yang baik, bukan manusia dewasa yang bebas menghakimi. Karena itulah, biarkan anak merasa nyaman untuk menceritakan setiap hal dalam kehidupannya kepada kita. Untuk nasihat dan masukan, ada waktunya sendiri. Anak pasti akan meminta nasihat kita ketika mereka merasa kita adalah pendengar yang baik.




Asupan Mikronutrien: Rahasia Dukung Perkembangan Kecerdasan Anak

Sebelumnya

Kanker, Penyebab Kematian Terbesar Kedua pada Anak: Kenali Lagi Gejalanya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting