Alodokter meluaskan layanannya dengan melakukan pemeriksaan ke rumah pasien/Ist
Alodokter meluaskan layanannya dengan melakukan pemeriksaan ke rumah pasien/Ist
KOMENTAR

KEBUTUHAN layanan kesehatan ke rumah terus meningkat secara signifikan seiring dengan perkembangan lanskap kesehatan secara global. Alodokter, salah satu platform layanan kesehatan, berkomitmen untuk selalu berada di garis depan transformasi layanan kesehatan yang kini melebarkan jangkauan pelayanan dengan mendatangi langsung pasien ke rumah.

Ada banyak faktor mengapa layanan ini menjadi penting, salah satunya meningkatnya kebutuhan diagnosa dan monitoring penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, asma, dan penyakit pernapasan lainnya.

Ditambah, tingginya kesadaran terhadap deteksi dini masalah kesehatan, serta mencegah keluarnya biaya tak terduga untuk fasilitas dan layanan kesehatan. Alodokter ke Rumah memunkinkan perawatan yang lebih personal dan berpusat pada kebutuhan pasien.

“Sudah menjadi misi dari Alodokter untuk memberikan layanan kesehatan yang berpusat pada kebutuhan pasien. Alodokter memastikan bahwa layanan ini tidak hanya efektif secara medis, tetapi juga selaras dengan tujuan dan aspirasi pasien, yang akhirnya mengarah pada pengalaman layanan kesehatan yang lebih personal,” ujar Co-Founder dan President Director Alodokter Suci Arumsari.

Alodokter ke rumah akan melayani:

  1. Tes laboratorium, meliputi berbagai tes darah dan urin.
  2. Irigasi Telinga, dilakukan menggunakan video otoscopy.
  3. Skrining TB Anak di Rumah (Mantoux Test).
  4. Pemeriksaan diabetes di rumah yang dilakukan setiap 3 bulan untuk membantu pasien mengelola kondisinya. Ini termasuk evaluasi keluhan dan riwayat kesehatan, pemantauan gula daerah serta hasil urin, pemantauan komplikasi termasuk penerapan target kesehatan dan pemberian resep obat diabetes melalui telemedisin.
  5. Program perawatan yeri punggung bawah di rumah (back pain), yaitu program perawatan dan rehabilitasi komprehensif yang dirancang khusus untuk membantu individu yang mengalami nyeri punggung kronis.
  6. Pemeriksaan tipes atau demam tifoid di rumah.
  7. Dokter spesialis ke rumah.
  8. Pemeriksaan asam lambung (GERD) di rumah.

“Tidak hanya menghemat waktu dan biaa pasien, tetapi juga memungkinkan pemantauan kondisi kesehatan secara rutin dan membantu dalam pencegahan penyakit,” ucap Dr Louise Hewitt, Chief Medical Offer Alomedika.

Teknisnya, perawat akan datang ke rumah pasien untuk melakukan pemeriksaan, kemudian melaporkan hasilnya kepada dokter spesialis melalui chat Alodokter. Perawat membantu dokter spesialis melakukan diagnosa lewat beberapa hal, yaitu menanyakan keluhan dan riwayat kesehatan pasien dengan jelas, melakukan skrining dan pemeriksaan awal yang diperlukan dan diminta dokter, melaporkan hasil pemeriksaan secara rinci kepada dokter, dan jika diperlukan akan mengambil sampel untuk pemeriksaan laboratorium (darah maupun urin).




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health