FLOII Expo 2023 resmi ditutup dan berhasil mencatatkan nilai transaksi hingga Rp7,2 miliar/Net
FLOII Expo 2023 resmi ditutup dan berhasil mencatatkan nilai transaksi hingga Rp7,2 miliar/Net
KOMENTAR

PAMERAN tanaan hias terbesar di Indonesia, Floriculture Indonesia International Expo (FLOII Expo) 2023, hasil kolaborasi Dyandra Event Solutions dengan Indonesian Android Societt dan Pecinta florikultura Indonesia (PFI), serta didukung Kementerian Pertanian RI, yang dilaksanakan pada 28 September hingga 1 Oktober 2023 di Hall 2 ICE BSD City, Tangerang, resmi ditutup.

Presiden Direktur Dyandra Event Solution Michael Bayu A Sumarijanto memaparkan, pameran yang berlangsung selama empat hari ini menghadirkan 150 peserta, termasuk dari negara tetangga, dan berhasil menghadirkan 11 ribu pengunjung, 11 talkshow, dan 2 workshop.

Tercatat pula, hingga hari keempat FLOII nilai transaksi mencapai Rp7,2 miliar dan akan terus bertambah angka tersebut merupakan hasil yang dikumpulkan dari sebagian peserta pameran dan lelang 48 tanaman hias senilai Rp383 juta.

Adapun lelang tertinggi ada ada jenis tanaman hias Hao Butterfly dari keluarga tanaman hias aroid, senilai Rp130 juta. Dan, tanaman termahal yang diperjualbelikan jatuh pada Anthurium Pink Variegated, senilai Rp180 juta.

Ada banyak ragam agenda yang digelar selama pameran berlangsung, di antaranya kontes tanaman hias jenis Sansevieria, Aroid, Aglaonema, dan Platycerium. Kontes ini diikuti oleh 578 peserta dengan total hadiah mencapai Rp300 juta.

Seluruh peserta juga berkesempatan mendapatkan doorprize 10 logam mulia seberat 1 gram, 4 Samsung Galaxy A54, dan 2 TV Samsung QLED 4K.

Dan juri sepakat memberikan predikat Best of the Best kali ini pada Indo Aroid dan Variegata Indah Nusantara sebagai Best Booth.  

Aroid: Tanaman Hias Global, Kini dan Masa Depan

Aroid, sebagai best of the best tanaman hias kali ini, merupakan jenis tanaman hias yang popular di dunia. Aroid adalah salah satu ragam keluarga tumbuhan bunga yang dikenal sebagai Araceae. Tanaman ini mencakup berbagai macam spesies, dan banyak di antaranya yang popular sebagai tanaman hias yang bermanfaat sebagai penjernih udara, salah satunya Anthurium.

“Anthurium disukai warga Amerika, karena di sana suhu udaranya dingin. Anthurium cocok diletakkan di dapur dan kamar tidur. Di Eropa, Anthurium juga ditanam di kebun vertical yang terletak di kereta bawah tanah (subway),” kata Sappasari Chaivanich, pemilik Live with Plants asal Thailand.

Aroid memang dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari hutan tropis hingga rawa dan lahan basah. Kemampuan beradaptasinya memungkinkan mereka untuk berkembang di lingkungan yang berbeda.

Aroid juga terkenal memiliki dedaunan yang menarik. Banyak spesiesnya yang memiliki daun besar mengkilap dengan bentuk dan pola unik, menjadikannya pilihan popular untuk landscape dalam dan luar ruangan.

Aroid dapat dipergunakan melalui metode stek batang atau daun, offset, dan biji. Teknik perbanyakan juga dapat bervariasi menurut spesiesnya.




Hadirkan Quraish Shihab, Buttonscarves Bersyukur Atas 8 Tahun Keberkahan

Sebelumnya

Memanfaatkan Momen Ramadan, Bank Mega Syariah Berikan Literasi Keuangan Syariah bagi Jemaah Masjid Istiqlal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E