Keseruan kuis Sirah Nabawiyah yang diadakan di booth Sygma Daya Indani, IBF 2023/Ist
Keseruan kuis Sirah Nabawiyah yang diadakan di booth Sygma Daya Indani, IBF 2023/Ist
KOMENTAR

ADA banyak aktivitas seru di ajang Islamic Book Fair tahun ini. Tidak sekadar hunting buku-buku Islami, kamu juga bisa menambah ilmu pengetahuan dengan berbagai cara. Mulai dari mendengarkan talkshow atau mengikuti game-game seru.

Salah satu game yang perlu kamu ikuti ada di booth Sygma Daya Indani (SDI). Di stan ini, ada kuis Sirah Nabawiyah yang mengukur sejauh mana pemahaman remaja terhadap kisah hidup Rasulullah Saw.

“Kita tes pengetahuan anak-anak. Ada beberapa yang paham, mungkin karena dari kecil dibacakan buku, jadi saat dewasa masih melekat,” kata Konsultan dari Sygma Learning Consultant Sari Rose, di booth SDI event IBF 2023, Istora GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (22/9).

Menurut Rose, penting sekali literasi dan pemahaman tentang Sirah Nabawiyah, sehingga anak dapat memberikan jawaban yang lugas tentang Baginda Nabi Muhammad Saw.

Pertanyaan-pertanyaan dalam kuis dikembangkan oleh SDI, sebuah entitas yang fokus pada pendidikan Sirah Nabawiyah. Dengan begitu, anak-anak muslim memahami Sirah Nabawiyah dengan kuat, karena membaca Al-Qur’an belum tentu memahami dan bisa menjelaskan kisah-kisah pada Nabi.

“Caranya bagaimana agar anak cinta dengan kisah para Nabi? Mudah saja! Kami punya buku yang concern tentang Sirah Nabawiyah. Buku-buku itu dibuat sesuai rentang usia anak, yaitu 0-7 tahun dan 8-14 tahun, dan dewasa. Kalau untuk usia 0-7 pakai metode read aloud,” saran Rose.

Rose juga menekankan pentingnya kesabaran dalam menyampaikan informasi kepada anak-anak. Sebab, anak itu fitrah, masih bersih, sehingga mudah dimasukkan informasi, terutama tentang karakter Rasulullah.

Kuis ini dikemas dengan sangat menarik. Bagi pengunjung yang bisa menjawab pertanyaan, akan mendapat hadiah berupa buku Muhammad Teladanku: Penakluk Makkah dan juga stiker.




Hadirkan Quraish Shihab, Buttonscarves Bersyukur Atas 8 Tahun Keberkahan

Sebelumnya

Memanfaatkan Momen Ramadan, Bank Mega Syariah Berikan Literasi Keuangan Syariah bagi Jemaah Masjid Istiqlal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E