Wajah Ibu Kota Negara Nusantara/Kemenko PMK
Wajah Ibu Kota Negara Nusantara/Kemenko PMK
KOMENTAR

IBU KOTA Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur digadang-gadang akan memiliki teknologi bus tanpa awak yang akan siap beroperasi dalam 2-3 tahun ke depan. Bus tanpa awak adalah bagian dari penggunaan teknologi paling mutakhir.

Hal itu diungkapkan Kepala Otorita IKN  Bambang Susantono saat Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta (18/9).

Undang Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara menjelaskan bahwa transportasi umum harus bisa menarik animo masyarakat dengan cara mudah dijangkau dengan mobilitas aktif.

Jaringan bus tanpa awak ini ditujukan untuk melayani penumpang ari jalan raya sekunder ke pusat transportasi umum primer, begitupun sebaliknya.

Jaringan ini dikembangkan menggunakan pendekatan yang membagi wilayah IKN ke dalam tiga bagian. Pembagian tersebut bertujuan menciptakan area layanan yang untuk rute bus perkotaan dengan panjang perjalanan yang nyaman untuk dijalani.

Dengan penggunaan metode mutakhir untuk transportasi, diharapkan mobilitas akan lebih terintegrasi, bebas kendala, dan inovasi-inovasi utama akan terwujud.

Data Farah.id menunjukkan bahwa Nusantara merupakan ibu kota masa depan Indonesia yang dijadwalkan peresmiannya pada 17 Agustus 2024, tepat di hari kemerdekaan Indonesia ke-79.

IKN akan menggantikan Jakarta yang telah menjadi ibu kota sejak tahun 1961. Setelah tak lagi berstatus DKI (Daerah Khusus Ibukota), Jakarta akan berubah menjadi DKJ atau Daerah Khusus Jakarta.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News