Bulan Sabit Merah Libya membantu warga di kota al-Bayda/AFP
Bulan Sabit Merah Libya membantu warga di kota al-Bayda/AFP
KOMENTAR

PEMERINTAH Libya dan kelompok bantuan internasional pada Selasa (12/9) menyatakan kekhawatiran akan ribuan orang meninggal atau hilang setelah banjir bandang besar meluluhlantakkan wiayah timur Libya disertai gelombang air sungai berlumur yang menghanyutkan seluruh lingkungan di satu kota pesisir akibat hujan deras sepanjang akhir pekan.

Dilansir AFP, Kerusakan besar dapat dilihat dalam gambar yang dipublikasikan secara online dari kota pelabuhan Derna dengan populasi 100.000 orang. Tampak gedung-gedung bertingkat di tepi sungai runtuh dan rumah-rumah lenyap di tengah derasnya air setelah dua bendungan di bagian hulu jebol.

Bencana di negara yang dilanda perang ini disebabkan oleh hujan deras dari Badai Daniel, yang melanda Libya pada hari Minggu setelah sebelumnya melanda negara-negara Mediterania lainnya; Yunani, Bulgaria, dan Turki.

Kota pesisir Derna, 250 kilometer sebelah barat Benghazi, dikelilingi oleh perbukitan dan dibelah dua oleh dasar sungai yang biasanya kering di musim panas, namun kini berubah menjadi arus deras yang juga menyapu beberapa jembatan besar.

“Korban tewas sangat besar dan mungkin mencapai ribuan,” ungkap Tamer Ramadan dari Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah memperingatkan.

Pemerintah setempat memprediksi 2.000 orang telah meninggal.

“Kami mengkonfirmasi dari sumber informasi independen kami bahwa jumlah orang hilang sejauh ini mencapai 10.000 orang,” kata Ramadan kepada wartawan di Jenewa melalui tautan video dari Tunisia, yang berbatasan dengan Libya.

Rekaman di TV Libya menunjukkan puluhan jenazah, terbungkus selimut atau seprai, di alun-alun utama Derna, menunggu identifikasi dan penguburan, dan lebih banyak lagi jenazah di Martouba, sebuah desa sekitar 30 kilometer ke arah tenggara.

Lebih dari 300 korban dikuburkan pada hari Senin, banyak di antaranya di kuburan massal – namun lebih banyak lagi orang yang dikhawatirkan hilang di perairan sungai yang bermuara di Laut Mediterania.

Akses ke wilayah timur terbatas, dan sambungan telepon serta internet sebagian besar terputus, namun perdana menteri pemerintahan Oussama Hamad telah melaporkan "lebih dari 2.000 orang tewas dan ribuan hilang" hanya di Derna.

 

 

 

Seorang pejabat dewan kota Derna menggambarkan situasi ini sebagai “bencana besar” dan meminta “intervensi nasional dan internasional”, dalam siaran saluran TV Libya al-Ahrar.

Menurut pihak berwenang, tim penyelamat dari Turki telah tiba di Libya timur, dan PBB serta beberapa negara menawarkan untuk mengirimkan bantuan, di antaranya Amerika Serikat, Italia, Prancis, Qatar, Mesir, dan Tunisia.

Badai juga melanda Benghazi dan distrik perbukitan Jabal al-Akhdar, dan banjir, tanah longsor serta kerusakan besar lainnya dilaporkan terjadi di wilayah yang lebih luas, dengan gambar menunjukkan mobil dan truk yang terbalik.

Perusahaan Perminyakan Nasional Libya, yang mempunyai ladang dan terminal utama di Libya timur, mendeklarasikan "keadaan siaga maksimum" dan menangguhkan penerbangan antarlokasi produksi yang menurut mereka aktivitasnya berkurang drastis.

Pemerintahan Libya yang ditengahi PBB di bawah Abdelhamid Dbeibah mengumumkan tiga hari berkabung nasional pada hari Senin dan menekankan “persatuan seluruh rakyat Libya” dalam menghadapi bencana tersebut.

Konvoi bantuan dari Tripoli sedang menuju ke timur dan pemerintah Dbeibah mengumumkan pengiriman dua pesawat ambulans dan sebuah helikopter, serta tim penyelamat, regu pencari anjing dan 87 dokter, serta teknisi untuk memulihkan listrik.

Kekhawatiran telah menyebar secara global, dan banyak pemimpin asing yang menyampaikan belasungkawa mereka.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel, menulis di X, "Gambaran mengerikan dari Libya menyusul kematian & kehancuran yang disebabkan oleh banjir, terutama di wilayah timur. UE siap membantu mereka yang terkena dampak bencana ini."

Sementara itu, Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller menyampaikan simpati dan belasungkawa kepada mereka yang terkena dampak dan mengatakan Washington bekerja sama dengan PBB dan pihak berwenang Libya untuk membantu upaya bantuan.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News