Suasana stadion tenis/Pixabay
Suasana stadion tenis/Pixabay
KOMENTAR

ADA banyak kisah mengharukan di balik nama-nama besar petenis perempuan papan atas dunia, mulai dari Caroline Wozniacki (Denmark), Serena Williams (AS), Kim Clijsters (Belgia), hingga Naomi Osaka (Jepang) yang kembali ke lapangan setelah melahirkan anak dan menyandang status ibu.

Caroline baru saja kembali ke lapangan tenis lewat AS Terbuka. Pada hari resmi pertama turnamen, mantan pemain peringkat 1 dunia itu mengalahkan petenis kualifikasi Rusia Tatiana Prozorova, 6-3, 6-2. Dia kemudian mengalahkan pemain Ceko Petra Kvitová, pemain Amerika Jennifer Brady, dan Coco Gauff, peringkat No. 6, di babak 16 besar.

Setelah ‘pensiun’ dari tenis pada tahun 2020 dan memiliki dua anak, bintang Denmark – yang saat ini berada di peringkat 623 – terus berupaya untuk merebut kembali posisi teratas.

Setelah keluar dari masa pensiun pada musim panas ini, Caroline memasuki babak baru dalam karier atletiknya karena para pelatih dan ilmuwan olahraga masih mencari tahu bagaimana metode latihan terbaik yang ramah ibu-ibu.

Tahun lalu, petenis berusia 33 tahun itu kembali ke lapangan dan mengejutkan dirinya sendiri. Dia bermain sangat baik sehingga menerima wild card di beberapa turnamen termasuk grand slam terakhir musim tenis, AS Terbuka, di mana sembilan ibu lainnya juga berkompetisi di divisi tunggal putri.

Jika dia berhasil, Caroline akan masuk dalam daftar “ibu-ibu” yang telah mencapai final grand slam, atau memenangkannya.

Selain Caroline, sejumlah petenis papan atas dunia juga harus ‘change the game’ setelah memutuskan menjadi ibu.

Serena Williams bermain di empat final grand slam setelah putrinya Olympia lahir pada tahun 2018, dua di antaranya di AS Terbuka.

Bintang Belgia Kim Clijsters memenangkan AS Terbuka pada 2009, mengalahkan Caroline Wozniacki, 7-5, 6-3. Dia merebut gelar AS Terbuka lagi pada tahun berikutnya, membawa putrinya, Jada, ke lapangan dua kali.

Dilansir CNN, Margaret Court dari Australia adalah ibu pertama yang memenangkan turnamen berbasis di Queens pada tahun 1973. Dia juga memenangkan Prancis dan Australia Terbuka pada tahun yang sama, menjadikan dia dan Kim Clijsters satu-satunya ibu yang memenangkan tiga gelar grand slam di Era Terbuka.

Pemenang grand slam empat kali Naomi Osaka baru saja melahirkan anak pertamanya pada bulan Juni tahun ini dan diperkirakan akan berlaga di Australia Terbuka 2024.

Bakat dan dorongan yang luar biasa hanyalah sebagian dari alasan mengapa para pemain ini mampu sukses sebagai atlet pascamelahirkan.

Berterima kasih pada Terry Holladay

Penelusuran Farah.id menunjukkan bahwa pada tahun 1984, badan pengelola tenis wanita, Asosiasi Tenis Wanita (WTA), menerapkan “Peraturan Terry Holladay”.

Peraturan tersebut dinamakan berdasarkan nama pemain yang mengajukan petisi untuk berkompetisi setelah putrinya lahir, aturan tersebut mengizinkan pemain untuk berkompetisi di undian utama enam turnamen – selama mereka kembali dalam waktu satu tahun setelah memiliki anak.

Hampir tiga dekade kemudian, WTA menerapkan perubahan peraturan yang berdampak pada cara petenis perempuan mendapatkan pemasukan setelah cuti melahirkan. Hal ini memungkinkan pemain untuk membekukan peringkat mereka jika terjadi cedera, sakit, atau kehamilan hingga tiga tahun. Pemeringkatan ini bisa digunakan untuk mengikuti beberapa turnamen, termasuk grand slam yang cenderung memiliki pundi-pundi hadiah paling besar.

Namun aturan tersebut membatasi jumlah pemain grand slam yang boleh diikutsertakan, sesuatu yang ingin diubah oleh pemain tenis profesional Taylor Townsend dari Chicago. Taylor, yang juga berkompetisi di AS Terbuka tahun ini, memiliki seorang putra berusia dua tahun.

“Saya berharap kami dapat memiliki lebih banyak kesempatan untuk bermain (lebih banyak) grand slam karena bagi saya pribadi, itu adalah gaji terbesar,” katanya.

Tidak peduli berapa pun tingkat pendapatan yang diperoleh seorang pemain, pelatihan yang diperlukan untuk bersaing dan menang di tingkat elit tenis sangatlah ketat. Menambah peran sebagai ibu, menurut komentator ESPN dan mantan pemain Rennae Stubbs, dapat menambah tantangan dan perspektif baru dalam proses tersebut.

Tentu saja akan sangat sulit membagi waktu untuk fokus berlatih untuk memenangkan grand slam sementara pemain ingin hadir dan terlibat dalam tumbuh kembang anaknya. Namun pada akhirnya, setiap pemain memiliki cara berpikirnya sendiri. Apakah tenis tetap menjadi hal penting atau tidak.

Christine Stromberg, manajer senior Operasi Tenis Profesional dan Layanan Pemain AS Terbuka mengatakan dia melihat lebih banyak pemain bersama keluarga di turnamen ini sejak dia memulainya pada tahun 2019. Karena itulah dia berupaya untuk meningkatkan layanan penitipan anak di turnamen tersebut, termasuk mempekerjakan pengasuh yang mampu berbicara dalam berbagai bahasa.

Ada juga perubahan besar dalam cara profesi medis mengevaluasi atlet profesional selama kehamilan mereka. Menarik untuk menyimak bagaimana Serena Williams mampu memenangkan gelar Australia Terbuka ketujuhnya pada tahun 2017 saat hamil delapan minggu.

“Di masa lalu, orang-orang diberitahu untuk tidak banyak berolahraga selama kehamilan, agar detak jantung mereka tidak lebih tinggi dari tingkat tertentu,” kata Dr. Kate Ackerman, profesor kedokteran di Harvard University Medical School yang mengepalai Wu Tsai, program pelatihan atlet perempuan di Rumah Sakit Anak Boston.

“Namun saran itu sepertinya diabaikan karena kita melihat orang-orang diawasi dan didorong secara hati-hati, mendorong tingkat olahraga selama kehamilan mereka. Kami belajar banyak dari para atlet papan atas,” ujar Dr. Kate.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon