Ilustrasi Taman Mini Indonesia Indah setelah direvitalisasi/NET
Ilustrasi Taman Mini Indonesia Indah setelah direvitalisasi/NET
KOMENTAR

PEMERINTAH telah menggelontorkan lebih dari Rp1 miliar untuk merevitalisasi Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, Jumat (1/9) kemarin. Resmi rampung, TMII memiliki wajah baru terdiri dari 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan.

"Revitalisasi ini sekaligus mengembalikan sebagaimana semangat awalnya yang digagas oleh ibu Tien Soeharto," kata Jokowi dalam keterangan resminya diterima Farah.id, Sabtu (2/9). 

Dia menyebutkan semua museum dan anjungan yang ada di TMII telah diperbarui. Dengan wajah baru tersebut, TMMI kini lebih memiliki konsep "inclusive culture and smart."

"Dengan wajah baru Taman Mini Indonesia Indah akan menjadi ikon besar pariwisata di Jakarta dan juga tentu saja di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah mengambil alih TMII dari Yayasan Harapan Kita pada 1 April 2021.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan pengambilalihan dilakukan atas audit Badan Pemeriksa Keuangan. BPK merekomendasikan pengelolaan TMII harus lebih banyak dilakukan pemerintah.

Pengambilalihan dilakukan melalui Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII pada 31 Maret 2021.

Berdasarkan PUPR, revitalisasi yang dilakukan mencakup renovasi museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan gedung utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno), gedung pengelola, area parkir, hingga penataan outer ring (halte).




Din Syamsuddin Jadi Pembicara dalam Sidang Grup Strategis Federasi Rusia-Dunia Islam di Kazan

Sebelumnya

Buku “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina” Karya Teguh Santosa Hadir di Pojok Baca Digital Gedung Dewan Pers

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News