Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah setelah direvitaliasi sejak 2022 lalu/NET
Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah setelah direvitaliasi sejak 2022 lalu/NET
KOMENTAR

PARA IBU NEGARA yang mendampingi suami menghadiri kegiatan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ke 43 ASEAN akan dilihatkan wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kepada tamu delegasi yang hadir. 

Jamuan ini sekaligus memperkenalkan para delegasi yang hadir pada kegiatan Spouse program KTT ke-43 ASEAN dipusatkan di Sasono Utomo dan Danau Archipelago.

Diyakini mampu memberikan kenangan yang tidak terlupakan bagi pendamping kepala negara/pemerintahan atau ibu negara terhadap tempat wisata terbesar di Indonesia tersebut. 

“Kami pede (percaya diri) menampilkan wajah baru Indonesia ke para Ibu Negara dari ASEAN,” kata Direktur Operasi TMII Arie Prasetyo kepada awak media, Rabu (6/9). 

Menurut jadwal, Istri-istri kepala negara tersebut dijamu sarapan di panggung Budaya yang letaknya persis di samping danau archipelago.

Konsep jamuan adalah outdoor, sehingga mereka akan dapat melihat secara langsung keindahan dari miniatur pulau Indonesia yang terletak di tengah danau.

Selain iti, mereka nantinya juga akan disajikan hal-hal ringan dari Istana Boneka yang terletak di samping persis dari panggung Budaya.  

Selanjutnya, rombongan dijamu makan siang di Sasono Hutomo. Fasilitas itu merupakan aula yang kerap digunakan untuk menyelenggarakan jamuan makan siang. Aula ini memiliki arsitektur khas sehingga diyakini akan memberikan kesan kepada pengunjung.

"Ibu negara ini akan melihat penampilan tari dan pakaian adat khas nusantara," ujarnya. 

Setelah itu, beranjak menuju ke Panggung Budaya untuk melanjutkan wisata ke Sasono Hutomo.

Perjalanan dari Panggung Budaya menuju Sasono Hutomo akan menggunakan mobil dengan rute melewati anjungan Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel), Aceh, Sumatra Utara (Sumut), Sumatera Selatan (Sumsel), dan Bengkulu.

“Mereka bisa melihat sinopsis budaya Indonesia yang berbeda. Sehingga, mereka bisa melihat secara langsung keberagaman dan keindahan arsitektur anjungan Indonesia. Ini akan memberikan kenangan,” terangnya.

TMII juga menyiapkan enam tour guide perempuan yang akan mendampingi para Ibu Negara di setiap anjungan. Hal ini untuk menjelaskan setiap makna maupun falsafah dari anjungan yang dilewati. Sehingga, para Ibu Negara dapat mengerti keberagaman Indonesia.

Sebagai informasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) baru saja diresmikan setelah melalui revitalisasi sejak 2022 lalu. Di mana tema kontruksi yang dibawa terdapat filosofi dasar. Pertama, adalah inklusivitas dengan tetap mempertahankan kekuatan Bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

TMII hadir sebagai destinasi wisata yang terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat yang saling bertoleransi dan menghargai budaya.

Kedua adalah filosofi hijau yang diterapkan TMII melalui kebijakan pemanfaatan kendaraan listrik di sekitar kawasan berikut dan sumber energi ramah lingkungan.

Filosofi ketiga adalah kecerdasan melalui implementasi platform digital, sebagai representasi Indonesia di masa depan.

Terakhir adalah filosofi budaya di mana TMII menjadi destinasi wisata yang merepresentasikan ragam budaya Indonesia. 

Filosofi ini diwujudkan melalui optimalisasi kegiatan seni dan budaya, dan ragam atraksi di panggung-panggung terbuka, sehingga pengunjung berkesempatan untuk menyaksikan langsung pagelaran seni dan budaya, serta terlibat menjadi bagian dari budaya itu sendiri.

Ikon TMII, Danau Archipelago, adalah danau yang dihiasi miniatur pulau-pulau di tanah air. Saat ini, danau dilengkapi air mancur menari yang mempertunjukkan permainan cahaya di malam hari. Pertunjukan air mancur menari digelar setiap malam di danau tersebut.

 




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News