Ilustrasi bayi anak pertama memerlukan kelengkapan banyak/Net
Ilustrasi bayi anak pertama memerlukan kelengkapan banyak/Net
KOMENTAR

BAGI PASANGAN muda yang baru saja melahirkan anak pertama agak dibuat pusing dengan perlengkapan bayi. 

Pasalnya, anak pertama persiapannya tentu berbeda dengan anak kedua, ketiga dan selanjutnya. 

Beberapa perlengkapan bayi tersebut mulai dari kebutuhan harian, maupun bulanan seperti popok dan baju. Kebutuhan bersifat lama atau tahan lama juga harus dipersiapkan. 

Tentu dengan menyiapkan beberapa perlengkapan bayi berbagai rupa agar si Kecil tidak menangis dan uring-uringan sepanjang hari. Meski terkesan lucu dan menggemaskan, tidak semua perlengkapan bayi harus dibeli lho. Utamakan kebutuhan pokok si bayi. 

Perlengkapan yang pertama dan harus selalu ada adalah popok bayi. Pastikan kebutuhan si kecil yang satu ini terpenuhi. Bayi yang baru lahir umumnya perlu mengganti popok selama 10-12 kali sehari.

Jika pakai popok sekali pakai, Anda mungkin perlu membeli beberapa merek dalam kemasan kecil untuk tahu merek mana yang cocok dan tidak menimbulkan ruam popok pada bayi Anda.

Meski Anda memilih popok kain pun, Anda mungkin perlu tetap menyediakan beberapa popok sekali pakai jika memang Anda terlambat mencuci pada minggu-minggu awal kelahiran.

Khusus untuk pakaian bayi, pilih yang berbahan lembut dan mudah menyerap keringat, elastis dan tidak ketat. Tentunya, agar Anda mudah mengganti pakaian bayi.

Anda juga disarankan untuk memilih baju bayi berkancing depan agar memudahkan saat memakaikan dan melepas ketika selesai mandi atau saat kontrol ke dokter.

Untuk bayi baru lahir, setidaknya Anda bisa menyiapkan list perlengkapan celana dan bajunya seperti: jumpsuit bayi lengan pendek dan panjang, atasan berkancing depan, legging atau celana bayi yang melar, baju hangat dan kaos dalam bayi.

Kemudian sabun pencuci baju. Hal yang sangat penting saat membeli perlengkapan bayi baru lahir adalah mencuci semua pakaian bayi sebelum dikenakan si Kecil agar bakteri atau kuman yang menempel di pakaian hilang. 

Cucilah dengan deterjen khusus baju bayi dan pilih yang tidak mengandung pewangi guna mengurangi risiko si Kecil terkena iritasi.

Kebutuhan bulanan yang harus dijadikan stok, susu bayi. Tak dapat dipungkiri masih banyak ibu baru yang memiliki alasan medis tertentu sehingga tidak dapat memberikan kebutuhan ASI kepada buah hatinya. Sedangkan bayi yang baru lahir membutuhkan dukungan asupan yang membantunya untuk bertahan hidup di dunianya yang baru.

Oleh sebab itu, susu formula menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan bayi yang baru lahir. Dari berbagai merk susu formula yang ada, anda pasti bingung untuk memilih mana yang terbaik.

Tak hanya untuk bayi, Susu untuk Ibu menyusui juga dirasa perlu ketersediaan stok barang. 

Tidak hanya keperluan bayi baru lahir yang harus dipenuhi, perlengkapan untuk ibu menyusui juga harus siap sedia. Selain pompa ASI, ibu menyusui juga perlu asupan susu. 

Tak hanya mengonsumsi makanan pelancar ASI, ada baiknya minum susu ibu menyusui dengan kandungan asam folat tinggi. Susu ibu menyusui dapat melancarkan produksi sekaligus meningkatkan kandungan nutrisi ASI. 

Perlengkapan lainya, tempat tidur, perlengkapan mandi, gendongan bayi dan lain sebagainya bisa dijadikan tambahan saja bila dianggap perlu.

 




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting