Dok. Kemenparekraf RI
Dok. Kemenparekraf RI
KOMENTAR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berupaya menyinergikan subsektor ekonomi kreatif di Sulawesi Utara melalui program Kelana Nusantara. 

Menparekraf Sandiaga mengatakan Kelana Nusantara menjadi wadah untuk mengenali subsektor-subsektor ekonomi kreatif yang bisa menopang kebangkitan ekonomi terutama pariwisata, karena Likupang sudah menjadi destinasi super prioritas.

“Kami harapkan ada satu subsektor ekraf di Sulawesi Utara yang mampu melejitkan subsektor-subsektor lainnya,” kata Menparekraf Sandiaga di Koki Teterusan Resto & Cafe, Minahasa Utara, Rabu (9/8/2023).

Melalui Kelana Nusantara, Menparekraf Sandiaga memastikan ekosistem ekonomi kreatif di Sulawesi Utara berjalan baik sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan para pelaku ekraf dan masyarakatnya.

“UMKM ini harus kita berdayakan, karena 97 persen lapangan kerja itu diciptakan oleh UMKM. Jadi kita harus mendukung UMKM sesuai dengan program pemerintah yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia,” kata Menparekraf. 

Lebih lanjut, Menparekraf juga mendorong pelaku parekraf Sulawesi Utara untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan konsep 3A yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Sehingga, pengelolaan sektor parekraf berjalan baik dan destinasi tersebut banyak diminati.

“Harus ada atraksinya yaitu event. Salah satunya ada Tomohon International Flower Festival, event seperti ini harus diperbanyak dan diperkuat. Kedua adalah amenitas, yaitu restoran, kafe, homestay, hotel, maupun glamping itu harus kita persiapkan. Dan terakhir aksesibilitas, sarana dan infrastruktur menuju destinasi wisata, seperti jalan raya, transportasi,” kata Menparekraf.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News